Usaha Jasa Cuci Mobil dan Motor
Inspirasi Wirausaha.com
Usaha Cuci Motor dan Mobil sangatlah prospek, Anda dapat melihat di mana-mana ada sepeda motor dan mobil bahkan
hampir di setiap rumah mempunya sepeda motor satu sampai dua buah sepeda motor. Ini merupakan peluang usaha yang cukup menjanjijan. Usaha ini boleh dibilang tidak perlu memiliki pengetahuan khusus tentang mencuci, karena hampir setiap orang tahu bagaimana definisi mencuci dan standar bersih dari mencuci itu sendiri boleh dibilang absolute yaitu hilangnya kotoran dan noda yang menempel pada suatu objek yang dicuci. Dengan pengetahuan tersebut maka tidaklah sulit untuk merekrut karyawan cuci mobil dan motor.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha cuci Mobil dan Motor: 
a.       Mencari lokasi yang strategis “tempat dekat dengan jalan lebih bagus dekat jalan raya atau jalan utama karena lokasi ini sudah barang tentu Mahal” tapi usahakan mencari lokasi yang dekat dengan keramaian seperti perumahan, lokasi tempat usaha cuci mobil motor ini wajib tidak terkena banjir karena kalau lokasi usaha ini area banjir maka konsumen akan malas mencuci ditempat anda terutama pada musim hujan yang notabene pada musim tersebut biasanya banyak pelanggan yang mau mencuci kendaraanya.
b.       Pastikan area cucian memiliki drainase yang baik sehingga air cucian langsung mengalir, cucian yang memiliki drainase buruk akan terkesan kumuh dan kotor apabila sampai terjadi genangan air dimana mana.


  1. Rekrut karyawan yang memilki semangat bekerja keras dan giat.
  2. Buatlah sitem administrasi keungan yang rapi untuk mencatat segala bentuk pemasukan dan pengeluaran dana.
  3. Untuk menambah kesan professional, berikan tanda bukti / kwitansi dari jasa cuci kendaraan Anda.
  4. Menyediakan tempat tunggu konsumen selama kendaraanya dicuci, lebih baik jika ada nilai tambahkanya seperti di sediakannya softdrink gratis, atau adanya mini café yang menyediakan makanan makanan ringan, sehingga konsumen tidak merasa bosan selama menunggu kendarannya dicuci.
Persiapan awal sebagai modal yang harus dimiliki:
  1. Lokasi yang cukup luas untuk menampung minimal 2 Mobil dan 2 Motor kurang lebih 90-120 Meter persegi (Idealnya jika Anda telah memiliki tempat sendiri namun jika belum maka anda bias menyewanya dan apabila harga sewa masih dirasa berat maka anda bisa mengajukan opsi system bagi hasil sesuai kesepakatan kepada pemilik lahan dengan anda sebagai pengelolanya).
  2. Merekrut karyawan untuk tahap awal bisa 2 – 3 Orang dimana salah satunya merangkap sebagai leader yang mengurus pembukuan juga.
  3. Modal awal untuk membeli peralatan cuci kendaraan seperti kompresor, sabun, pompa air, semir Ban, pengkilap cat, kain lap, sikat, bak penampungan air, selang, ember cuci vacuum cleaner dan peralatan mencuci lainnya perkiraan 5 – 10 Juta Rupiah apabila masih ada sisa dari pengeluaran tadi, maka disimpan sebagai dana taktis untuk kebutuhan mendadak misal kran air atau saluran air sedang bermasalah, ember cucian pecah dan sebagainya.
  4. Buat standar harga cucian misalnya Rp. 10.000,- untuk jasa cuci Sepeda motor dan Rp. 25.000,- untuk jasa cuci kendaraan roda empat (Mobil).
  5. Gaji karyawan 3 Orang Rp. 800.000,- untuk karyawan biasa dan Rp.1.000.000,- untuk karyawan merangkap leader jadi total gaji perbulan untuk 3 orang Rp. 2.600.000,- (atau anda bisa juga membuat kesepakatan lain seperti dengan system harian atau komisi, tergantung bagaimana anda ber negosisasi dengan calon karyawan anda).
  6. Biaya listrik Rp.500.000,-/Bulan
Estimasi pendapatan:
Apabila pelanggan cuci sepeda motor anda per harinya sekitar 20 motor maka pendapatan perharinya Rp: 10.000 x 20 = Rp. 200.000,-
Berarti dalam sebulan pendapatan dari cuci motor adalah 200.000 x 30 = 6.000.000,-
Apabila pelanggan cuci mobil anda per harinya 15 mobil maka pedapatan perharinya Rp. 25.000 x 15 = Rp. 375.000,-
Maka pendapatan dalam sebulan dari cucian mobil = Rp.375.000 x 30 = 11,250.000,-
Jadi pendapatan Bruto anda selama sebulan adalah
Rp. 6.000.000 + Rp. 11.250.000 = Rp. 17.250.000,-

Pendapatan setelah dikurangi pengeluaran Rp. 17.250.000 – Rp. 2.600.000 (gaji) – Rp. 500.000 (listrik) – Rp. 500.000 (Alat cuci kendaraan) – (Biaya Services alat cuci) Rp. 500.000, (*) = Rp. 12.650.000,-/bulan
(*) Services alat hanya sewaktu waktu tidak harus tiap bulan

Pendapatan dalam 1 tahun Rp. 12.650.000 x 12 = Rp. 151.800.000,-
Jika Anda harus menyewa tempat cucian seharga Rp. 50.000.000,-/Thn maka anda masih dapat keuntungan sekitar Rp. 101.800.000,-

Jika anda kreatif usaha ini pun bisa digabung dengan usaha lainnya yang masih berhubungan dengan kendaraan seperti menyediakan aksesories kendaraan, services bengkel dan sebagainya yang tentunya akan meningkatkan pendapatan anda. 

Tips memajukan usaha jasa ini
1. Dalam merekrut karyawan diusahakan tidak hanya yang memiliki keahlian saja tetapi juga yang beretika karena mereka semua yang akan langsung berhubungan dengan pelanggan anda, berikanlah nilai plus terhadap pelanggan anda dengan sikap dan pelayanan dari karyawan Anda.

2. Jadikan karyawan anda tersebut sebagai Aset bukan hanya sebagai pekerja yang anda beri gaji dari hasil kerjanya, ketika anda memandang karyawan Anda sebagai Aset maka karyawan merasa dihargai dan benar benar anda butuhkan sehingga merekapun akan sungguh sungguh dalam mengerjakan pekerjaannya. Bila perlu berilah semacam penghargaan seperti bonus bagi karyawan yang teladan sebagai tanda jasa dan pemacu semangat kerja mereka.
 

SEMOGA URAIAN INI DAPAT MEMBERI INSPIRASI ANDA UNTUK BERWIRAUSAHA

Post a Comment

  1. mau tanya dong.. itu gaji 800rb saat tahun brp? apakah di 2016 masih berlaku??

    ReplyDelete
  2. @Pa Edwin terimakasih atas pertanyaannya,

    Gaji bulanan itu tergantung dari kesepakatan diawal, tahun 2016 pun masih bisa untuk gaji sekitaran 800rb. Namun untuk sekarang jika ingin mempertahankan gaji karyawan 800rb/bln, Anda harus memberi insentif lain seperti menanggung makan siang karyawan atau free penginapan. Demkian semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Powered by Blogger.