Cara Mengonlinekan Bisnis
Tabloidwirausaha.com | cara mengonlinekan bisnis konvensional, setiap orang yang berwirausaha tentu menginginkan usaha yang dijalaninya mengalami perkembangan dan kemajuan. Begitu juga yang menggeluti bisnis yang selama ini dijalankan dengan system konvensional baik mulai dari system akuntansinya, penjualannya ataupun promosinya. Dalam era moderenisasi sekarang ini yang mana telah mengenal namanya dunia online atau dunia Intrnet yang semua kejadian yang tengah berlangsung dapat dilihat seketika dibelahan bumi manapun.
Dengan adanya teknologi semacam ini tentu menjadi salah satu peluang besar bagi setiap orang yang memiliki usaha atau yang berwirausaha. 

Berikut cara meng-onlinekan usaha konvensional 

1. Kenali terlebih dahulu jenis usaha yang akan anda online-kan.
Mengenali produk sebelum memutuskan meng-online-kan itu sangat penting, supaya target market anda tepat sasaran, karena didunia online semuanya serba spesifik, mulai dari usia, jenis kelamin, demoghrapi, country, dan sebagainya.  Sebagai contoh jika anda memiliki produk yang pemakaiannya dikhususkan untuk orang dewasa, tentunya anda tidak ingin produk anda tidak tepat sasaran.  Berikut dibawah ini contoh detailnya sebuah target market yang anda inginkan. Kami mengambil contoh dari website kami http://www.tabloidwirausaha.com.
Google Analytics
Klik Untuk Memperbesar Gambar

Dari gambar diatas, pada samping kiri terlihat secara detail target market dari website ini mulai dari Demoghrapic  yang dibagi lagi menjadi beberapa sub kategori sampai kepada mobile yaitu jenis gadget yang digunakan sampai kepada OS yang digunakan. Jadi semakin anda spesifik dalam mengarahkan produk yang anda onlinekan maka semakin baik dan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan harapan Anda.

2. Membuat website otomatis
Setelah anda memahami point pertama tadi, selanjutnya anda dapat membuat website otomatis atrinya semua kebutuhan yang diinginkan sipelanggan tersedia disana. Ibarat toko yang didalamnya ada berbagaimacam produk, ada harga, ada pelayan dan ada kasir, maka website marketingpun demikian, yaitu memindahkan produk riil ke produk virtual yang fungsinya tidak berubah yang disana ada produk, harga, pelayan, dan kasir. Jika anda belum mahir dalam membuat website marketing, anda dapat menyewa jasa pembuat website, jika usaha anda masih dalam sekala kecil, anda dapat mengggunkan template gratisan dari blogger seperti contoh yang digunakan pada toko online http://myherbagreen.blogspot.com.

3. Buat website yang responsive.
Kemudahan mengakses internet tidak hanya lewat note book atau PC saja, sekarang internet dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja melalui sebuah Gadget baik HP, NotePad dan sebagainya. Dengan semakin canggihnya teknologi tersebut, maka sebuah website pun harus mengikuti  perkembangan tersebut, untuk itu membuat sebuah website marketing yang responsive menjadi sebuah keharusan. Website responsive adalah sebuah website yang dapat diakses dari perangkat apapun dengan bentuk menyesuaikan perangkat peng-aksesnya. Seperti halnya jika website site diakses dari sebuah gadget maka tampilannya menyesuaikan ukuran dari gadget tersebut sehingga lebih mudah diakses dan terlihat lebih bagus. 

4. Buat review yang SEO friendly dari setiap produk anda.
Dalam bisnis konfensional kita mengenal yang namanya pelayan, atau SPG dan semacamnya yang bertugas untuk menjelaskan produk yang ditawarkan, mulai dari kegunaan, kualitas dan segala macam yang menyangkut produk tersebut. Begitu juga dalam bisnis online ada banyak cara yang digunakan sebagai pelayan toko anda salah satunya yaitu dengan membuat artikel review produk yang anda jual. Didalam proses pembuatannya tidak asal menulis review saja tetapi ada aturan main yang harus diikuti supaya SEO friendly artinya mengandung kata kunci yang apabila seseorang mengetik kata kunci tersebut pada search engine maka akan muncul halaman website anda yang dimaksud. Bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly tersebut, Anda dapat mengikuti panduannya di blog tetangga sebelah, KLIK DISINI.
Selain cara diatas anda juga dapat menyediakan layanan melalui Live chat dengan membuat chat box, FAQ “Frequency Ask Question” yaitu kumpulan pertanyaan yang paling sering ditanyakan berikut jawabannya, membuat Form email, atau menampilkan no. tlp yang dapat dihubungi customer.

5. Hubungkan website anda dengan Sosial Media.
Sosial media merupakan sarana promosi yang sangat ampuh dan paling banyak digunakan oleh para pebisnis online, seamakin banyak social media yang diikuti maka akan semakin besar kesempatan anda dalam memperkenalkan produk anda ke khalayak. Ada banyak sosila media terkenal  yang dapat diikuti diantaranya : facebook, twitter, flurk, path, G+,  untuk videonya bisa menggunakan youtube. Sebagai contoh, anda dapat melihat website http://www.tabloidwirausaha.com ini ada ratusan orang yang menyukai website ini melalui account G+, Facbook dan twitter disamping teman-teman yang mengikutinya lebih dari ribuan orang.

6. Promosikan.
Kelebihannya promosi online adalah terletak pada biaya yang sangat murah dengan jangkauan mendunia dan dapat langsung dilihat seketika. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berpromosi di dunia online, salah satunya telah disinggung pada point ke-5 diatas yaitu dengan memperkenalkan produk anda lewat social media. Selain anda dapat mendaftarkan website anda ke serach engine ternama seperti google, yahoo, bing, dan sebagainya supaya ketika target market anda melakukan pencarian kata kunci produk anda melalui mesin pencari tersebut maka website anda akan terindeks dan muncul dihalaman pencarian tersebut. Anda juga dapat melakukan promosi berbayar seperti adword  salah satu penyedia jasa layanan ini adalah google adwords.  

Post a Comment

Powered by Blogger.