Tips memulai usaha rumah makan
TabloidWirausaha.com | Makan merupakan kebutuhan pokok setiap orang, dalam sehari minimal orang makan tiga kali. Usaha mendirikan warung makan merupakan langkah yang sangat tepat karena kebutuhan orang makan tidak hanya orang kaya atau para pekerja saja melainkan semua orang perlu makan. Walaupun demikian usaha warung makan ini tidak akan sukses jika anda tidak tahu langkah yang tepat dalam mengolahnya. 

Berikut beberapa tips membuka usaha warung makan:

1.  Cita rasa
Yang pertama kali orang komentari dari sebuah makanan adalah Rasanya, ketika seorang pedagang makanan telah gagal memberikan services rasa makanan yang enak kepada pelanggannya maka dijamin pelanggan anda tidak akan pernah kembali lagi kepada anda. Cita rasa makanan yang anda sajikan akan menentukan pelanggan anda apakah dia kembali lagi atau tidak, jika pelanggan anda kembali berarti anda telah berhasil membuat pelanggan anda ketagihan dengan masakan anda dan cocok dengan seleranya. Jika ada kurang panda dalam memasak maka cobalah untuk belajar kursus memamsak terlebih dahulu atau jika ingin instant maka anda harus mengangkat karyawan yang pandai memasak untuk dijadikan koki di warung makan Anda.

2. Menu Andalan
Dari setiap rumah makan selain menyajikan setiap masakan yang enak juga memiliki satu atau dua menu khas / andalan untuk lebih menarik lagi pelanggan. Menu ini harus disajikan lebih istimewa dan lebih enak lagi dibandingkan dengan yang lainnya. Menu andalan akan menjadi pengingat tersendiri bagi pelanggan yang sudah ketagihan dengan masakan anda. Bahkan dengan adanya menu andalan bisa menjadi sarana promosi gratis dimana pelanggan akan mengabarkan dari mulut kemulut, ke temannya, keluarganya, atau koleganya untuk mencoba menu andalan Anda tersebut. 

3. Lokasi yang strategis
Disini bukan berarti lokasi yang tidak strategis tidak akan berkembang dibanding dengan lokasi yang strategis. Pemilihan lokasi yang strategis akan lebih cepat maju dan berkembang dibanding dengan lokasi yang kurang strategis. Jika usaha warung makan anda telah memiliki dua item sebelumnya yaitu poin satu dan dua maka dengan ditunjang oleh poin ke tiga ini maka usaha anda akan lebih cepat berkembang. 

4. Pemilihan bahan bahan yang akan dimasak
Salah satu yang membuat menu masakan itu enak adalah bahan bahan yang diolah memiliki kualitas yang bagus, seperti sayur yang diolah haruslah sayuran yang segar, daging atau ikan yang di olahpun harus daging atau ikan yang segar juga, hal ini sangat berpengaruh terhadap tampilan dan rasa akhir dari olahan itu sendiri. Sebagai contoh jika anda mengolah sayuran yang sudah layu maka tampilan masakannya akan terlihat kurang bagus seolah olah seperti sayur yang telah diangetkan dua kali karena tidak laku, hal ini akan berpengaruh terhadap selera makan pelanggan.

5. Menjaga kebersihan
Kebersihan lingkungan warusng serta kerapihan dalam menata menu - menu makanan yang disajikan menjadikan pelanggan akan merasa senang dan meningkatkan gairah untuk segera mencicipi menu yang anda sajikan. Sebaliknya jika keadaan warung makan anda kotor, tidak tertata rapih apalagi sampai banyak lalat yang ikut mencicipi menu yang anda sajikan maka secara otomatis akan mengurangi selera makan pelanggan anda selain itu akan menimbulkan kesan yang kumuh dan jorok. 

6. Menyesuaikan daya beli
Jika anda membuka warung makan di area perumahan maka harganya jangan disamakan dengan anda membuka warung makan di area perkantoran atau daerah pabrik. Sesuaikan harga menu makanan anda dengan daya beli masyarakat disekitarnya. Untuk  mengetahui tingkat daya beli suatu masyarakat maka sebelumnya anda harus melakukan survey seperti mengecek harga harga pokok didaerah tersebut atau mencoba mengecek competitor warung makan sekitar dengan tujuan sebagai acuan dasar untuk menentukan harga jual dari menu yang anda hidangkan. Dari hasil survey juga anda dapat menentukan jumlah menu yang akan dihidangkan sehingga apabila terjadi sepi pembeli, masakan yang tersisi tidak terlalu banyak kebuang. 

7. Promosi
Pada dasarnya untuk promosi usaha warung makan ini cukup sederhana saja yaitu dengan memiliki tiga poin pertama diatas maka secara tidak langsung anda telah melakukan promosi gratis kepada calon pelanggan anda dan sebagai tambahannya buatlah spanduk nama warung makan yang anda kelola beserta beberapa menu yang anda sajikan, buatlah spanduk semenarik mungkin jangan terkesan asal dan murahan, buatlah sederhana tetapi terkesan elegan.  Untuk kedepannya jika usaha warung makan anda mulai berkembang anda bisa membuka cabang – cabang atau membuat franchise sehingga meningkatkan penghasilan anda. 

Demikian Tujuh tips sederhana sebelum anda memutuskan untuk memulai usaha kuliner warung makan. Terapkanlah ke enam langkah diatas untuk mendapatkan hasil yang optimal, selamat mencoba dan sukses selalu buat pembaca setia tabloid wira usaha!!!
Artikel ini diolah dari berbagai sumber

Image Source : http://artikelampuh.blogspot.com

Post a Comment

Powered by Blogger.