Berita Terkini :
Home » , , » Empat Peluang Usaha sampingan bagi Mahasiswa

Empat Peluang Usaha sampingan bagi Mahasiswa

Written By wira usaha on 23 November 2014 | 10:49 PM

Mahasiswa identik dengan segudang kegiatan yang diikuti mulai dari perkuliahan, praktikum, berorganisasi, dan setumpuk kegiatan lainnya. Namun dibalik segudang kegiatan yang diikuti mesti ada waktu waktu senggang yang mungkin sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Akan sangat berguna jika waktu senggang tersebut  digunakan untuk menghasilkan pendapatan berupa uang, yang dari itu dapat digunakan untuk meringankan beban kuliahnya.  Pada artikel kali ini mencoba menggali pelung usaha sampingan yang dapat dikerjakan mahasiswa pada paruh waku, atau bisa juga disebut usaha sampingan paruh waktu. 

Berikut beberapa peluang usaha sampingan bagi mahasiswa yang dapat menghasilkan pundi pundi rupiah yang cukup menjanjikan.  

1. Jaga Warnet
Kerja jaga warnet memiliki beberapa keuntungan, disamping mendapat bayaran juga anda bisa bebas browsing sepuasnya dengan gratis. Untuk itu pekerjaan jaga warnet bagi mahasiswa merupakan pekerjaan yang ideal untuk seorang mahasiswa, karena pekerjaan ini tidak terlalu menyita waktu dan dapat dikerjakan paruh waktu bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah ataupun dilakukan pada hari libur. 

2. Jasa Translater
Bagi mahasiswa yang memeiliki kelebihan dalam bahasa asing, Jasa Translater / penterjemah dapat menjadi  pilihan pekerjaan paruh waktu anda.  Prospek jasa tanslater ini bukan tanpa alasan karena hampir 90% buku buku pedoman kuliah tersedia dalam bahasa asing sedangkan tidak semua mahasiswa mahir berbahasa asing sehingga untuk mengetahuinya otomatis perlu diterjemahkan.  Pekerjaan jasa translater ini dapat dikerjaan di paruh waktu senggang yang dimiliki sehingga bisa lebih fleksibel dan tidak mengganggu kegiatan pokok. Tidak hanya sebagai jasa translater, bagi anda yang memiliki kemampuan lebih dalam bahasa asing anda juga dapat melakukan kerja paruh waktu sebagai guide turis atau tamu asing. 

3. Jasa desain grafis
Mungkin anda pernah dengar berita terbaru yaitu seorang mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Jogjakarta telah berhasil memenangkan lomba desain untuk sebuah cover album sebuag band kenamaan asal amerika.  Ini menjadi salah satu bukti bahwa seorang mahasiswa tidak melulu terkurung dengan kegiatan  belajar saja, tetapi ada saatnya  untuk mengaktualisasi diri mengeksplorasi kemampuan yang ada pada diri salah satunya dalam bidang desain grafis. Bagi anda yang memiliki kelebihan dalam bidang seni desain grafis, dilingkungan kampus bakat ini banyak dicari dan dibutuhkan jasanya, mulai dari pembuatan desain spanduk, famplate, booklate,  desain cover dan lain sebagainya.  Untuk bekerja di bidang desain grafis, anda dapat bergabung dengan perusahaan percetakan yang biasanya banyak disekitaran kampus.  

4. Jasa Cuci Kendaraan
Bagi seorang mahasiswa untuk terjun dalam bidang usaha ini cukup berat karena perlu mental yang kuat, terutama mental tidak gengsi atau malu. Jika mampu menghilangkan rasa malu dan gengsi  maka sesungguhnya usaha jasa cuci kendaraan ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan terutama dalam hal penghasilan, bagaimana tidak setiap mahasiswa paling minim ke kampus bawa kendaraan yaitu motor . Jika dalam satu kampus memiliki seribu mahasiswa dan setiap mahasiswa mengendariai sepeda motor maka secara otomatis terdapat seribu buah sepeda motor. Dengan asumsi minimal saja 10% dari seribu melakukan cuci motor ditempat anda kerja, maka ada sekitar 100 motor yang dicuci. Jika jasa cuci satu buah motor Rp. 15.000,- maka  dalam sehari mendapat Rp 1.500.000,-. Sebuah penghasilan yang luar biasa jika anda mampu menghilangkan sikap malu dan gengsi sama temen temen anda. 

Demikian emapt contoh peluang usaha yang dapat dijalankan oleh mahasiswa, selain keempat contoh yang telah dijelaskan masih banyak pelang peluang usaha lainnya yang dapat di jalankan tergantung dari kejelian anda dalam melihat peluang tersebut. 

Selamat mencoba dan tetap semanga!!!!

Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger