Berita Terkini :
Home » , , » Empat Manfaat Wirausahawan

Empat Manfaat Wirausahawan

Written By wira usaha on 11 December 2014 | 8:09 PM

Empat Manfaat Wirausahawan
Tabloid Wirausaha – Inspirasi Wirausaha Anda | Wirausaha merupakan usaha berdikari yang tidak tidak memiliki ketergantungan secara manajemen kepada orang lain, sehingga sipelakuknya bebas menentukan manajemennya sendiri. Secara ekonomi, kegiatan wirausaha merupakan salah satu kegiatan positif karena dapat membantu perekonomian menjadi lebih baik. Dengan banyaknya wirausahawan maka akan banyak pula tenaga kerja yang terserap sehingga perekonomian masyarakat bisa terbantu melalui kegiatan wirausaha ini.
Didalam pelaksanaanya, pemerintahpun memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan para wirausahawan ini yaitu dengan cara membantu pada sector sector tertentu seperti, memudahkan perijinan, memberikan bantuan sokongan dana dengan system pinjaman lunak, melindungi pengusaha dari praktek oknum yang tidak bertanggung jawab dan masih banyak lagi.
Dikutip dari http://www.ut.ac.id, kewirausahaan memiliki empat manfaat sosial dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menciptakan teknologi, produk dan jasa baru, serta mengubah dan meremajakan pasar. 
1. Pertumbuhan Ekonomi.
Dengan kewirausahaan, dapat menciptakan lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat. Contohnya dalam bidang elektronika yang berdiri kurang dari 5 tahun akan lebih menciptakan pekerjaan daripada perusahaan yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun. Dengan meningkatnya penciptaan pekuang atau lapangan pekerjaan baru akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara. 

2. Produktivitas.
Yaitu kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak barang dan jasa dengan tenaga kerja dan input lain yang lebih sedikit. Fungsi wirausaha adalah menjalankan aset organisasi untuk mendesain, menguji dan menghasilkan produk baru.

3. Teknologi, Produk dan Jasa baru.
Kewirausahaan memainkan peran penting dalam memajukan perubahan teknologi, produk dan jasa inovatif. Contoh usaha inovatif yang dihasilkan dari kewirausahaan misalnya: penemuan radio FM, penisilin, mesin fotocopy, bolpen dan lain-lain. Kewirausahaan juga menciptakan revolusi industri pada abad kedelapan belas, yaitu industri penenunan kain dari kapas di Inggris yang awalnya diimpor dari India. Karena kapasitas mesin terbatas, maka kuantitas kain yang dihasilkan tidak maksimal. Proses yang panjang dari penenunan kain tersebut pada akhirnya menciptakan suatu mesin pintal yang meningkatkan kapasitas produksi. 

4. Perubahan Pasar.
Dengan globalisasi akan menciptakan pasar baru yang sebelumnya tidak mendapat perhatian dari pengusaha lain. Contohnya pasar komputer yang awalnya dikuasai oleh IBM mendapat pesaing dari microsoft serta Apple computer.

Dengan demikian, sekecil apapun wirausaha yang anda jalankan maka sesungguhnya telah membantu mamajuakan perekonomian masyarakat sekitar khususnya dan perekonomian Negara pada umumnya.

Image Source : learnmine.blogspot.com

Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

+ comments + 1 comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger