Tips Memulai Wirausaha
Tabloid Wirausha – Isnpirasi Wiraushaanda | Memulai untuk berwirausaha memang bukan sebuah keputusan yang mudah, banyak hal yang perlu difikirkan dan direncanakan. Tetapi kalau tidak dicoba maka tidak akan pernah tahu apakah kita bisa sukses atau tidak dalam menjalankan wirausaha. Seseorang yang ingin merubah kehidupannya kearah yang lebih baik tentunya mencoba untuk memulai usaha sendiri menjadi keputusan yang tepat sehingga perlu untuk di coba. Memikirkan sebuah ide untuk dijadikan sebagai peluang usaha kadang menjadi sebuah kesulitan tersendiri bagi sebagian orang, sehingga menghambat untuk memulai usaha. 

Mudah mudahan setelah anda membaca artikel singkat ini, anda sudah dapat menentukan ide usaha apa yang akan anda jalankan. Berikut tips untuk memulai wirausha:

1. Menyukai Model Usaha yang akan dijalankan
Jangan melihat kepada usaha orang lain yang mungkin mereka sukses dijalankan karena hal tersebut belum tentu jika anda jalankan usaha tersebut akan sama berhasilnya. Kebanyakan orang dalam menjalankan sebuah usaha biasanya hasil dari ikut ikutan karena melihat kesusesan orang lain sedangkan diri piribadinya sendiri sebenarnya kurang menyukai jenis usaha tersebut. Untuk memulai sebuah usaha maka pastikan jenis usaha yang akan anda jalani memang jenis usaha yang anda sukai dan akan lebih baik lagi jika usaha yang mau anda jalankan tersebut adalah hobi anda. 

Ketika anda menjalankan sebuah usaha karena suka jenis usahanya atau karena hobi maka akan dilakukan dengan sungguh sungguh sehingga tidak menjadi beban. Anda akan lebih mudah menangani sebuah usaha jika usaha itu adalah jenis usaha yang anda sukai. 

2. Fokus, fokus dan focus
Godaan terbesar dari sebuah usaha adalah ketika melihat usaha orang lain sukses dibanding dengan usaha yang sedang dijalankannya, sehingga bisa timbul niat untuk beralih usaha. Godaan godaan seperti inipun bukan hal yang tidak mungkin akan menghinggapi diri anda yang sedang memulai merintis berwirausaha. Apabila terjadi demikian hal pertama yang harus anda lakukan adalah tetap focus terhada usaha yang sedang anda jalani dan tetap menjaga semangat usaha. Jangan cepat tergiur dengan kesuksesan usaha orang lain sehingga anda mengikutinya karena jika anda terbawa arus tersebut belum tentu anda bisa sesukses sama seperti mereka. Memilih tetap untuk focus dan berusaha membangun dijalan usaha yang anda sukai itu lebih baik, sampai anda melihat hasilnya.    

3. Manajemen Operasional
Banyak orang yang gagal karena tidak bisa memanaj usahanya. Modal yang banyak tidak bisa menjamin sebuah usaha akan maju dan berkembang, tetapi banyak orang yang berwirausaha sukses walau dengan modal usaha yang pas pasan. Sebuah manajemen sangat diperlukan untuk mengatur strategi dalam berwirausaha. Jadi sebelum anda memutuskan untuk memulai berwiriausaha pastikan bahwa anda telah menguasai manajemen usaha yang akan anda jalankan minimal anda mengetahui secara garis besar manajemen usaha yang akan anda jalankan tersebut.

4. Menguasai stragtegi Pemasaran
Ujung tombak dari sebuah usaha adalah pemasaran. Strategi pemasaran yang tidak tepat sasaran akan membuat usaha anda lambat berkembang atau mungkin mengalami keterpurukan dan bangkrut. Menguasai strategi pemasaran dari sebuah usaha yang anda jalani sangatlah penting karena monetize bisa terjadi merupakan buah dari strategi pemasaran yang tepat. Dengan mengenali jenis usaha yang anda jalani maka anda akan mudah menentukan strategi pemasaran yang tepat yang dapat dilakukan. 

6. Mampu mempertahankan customer menjadi pelanggan setia
Seorang pengusaha bukan hanya mampu menjual produk kepada pembeli tetapi juga harus mampu mempertahankan customer menjadi pelanggan setia. Strategi untuk menjaga customer menjadi pelanggan setia mutlak diperlukan sehingga anda tidak kehilangan pelanggan. Disamping banyak cara untuk mengikat pelanggan, memberi pelayanan lebih menjadi salah satu cara untuk menjaga customer anda supaya tidak berpaling ke tempat lain. 

Strategi mempertahankan customer agar menjadi pelanggan setia juga harus di barengi dengan strategi bagaimana cara menjaring pelanggan baru supaya dapat menjadi pelanggan anda berikutnya. Memperluas jaringan pemasaran menjadi salah satu cara supaya anda memiliki pelanggan yang lebih banyak lagi. 

7. Jangan berhenti belajar
Dunia bisnis merupakan dunia dinamis akan selalu ada perubahan dalam setiap kondisi dan keadaan, untuk itu jangan pernah berhenti untuk mempelajari hal hal baru demi untuk memajukan usaha yang anda jalani. Persaingan akan semakin ketat, competitor akan semakin banyak, jika anda hanya mencukupkan ilmu dengan apa yang anda miliki sekarang maka itu akan menyulitkan anda dalam berkompetisi dengan competitor anda. 

Jangan pernah rugi untuk mempelajari hal – hal yang baru karena bisa jadi suatu saat akan berguna untuk memajuan usaha yang sedang anda jalani. Ikuti pelatihan atau seminar seminar yang berhubungan dengan usaha anda. Upgrade terus wawasan kewirausahaan anda demi kemajuan usaha yang sedang anda jalani. Demikian tips – tips dasar untuk memulai wirausaha semoga bermanfaat.  


Post a Comment

Powered by Blogger.