Cara menilai kelayakan sebuah usaha
Tabloid Wirausaha – Inspirasi Wirausaha Anda | sebagian orang mungkin bertanya – Tanya mengapa usaha usaha yang dijalankannya selama ini belum terlihat kemajuan yang signifikan, apakah layak usaha yang saya jalankan selama ini? 

Salah satu cara dari benyaknya cara untuk menilai kelayakan sebuah usaha adalah dengan membandingkan antara total pendapatan dengan total biaya operasional atau yang disebut dalam bahasa ekonomi sebagai Revenue Cost Ratio. Apabila Revenue Cost Ratio yang diperoleh dari hasil perbandingan itu bernilai 1 (Satu) itu artinya setiap 1 rupiah modal yang dikeluarkan menghasilkan 1 keuntungan 1 rupiah, berarti modal dan keuntungannya sebanding atau impas.

Apabila Revenue Cost Ratio lebih besar dari 1 (Satu), misalnya 1, 4 atau 1,5 artinya setiap 1 rupiah yang anda keluarkan menghasilkan keuntungan sebesar 1,4 atau 1,5 Rupiah maka usaha yang anda jalankan dinilai sebagai usaha yang layak layak.

Sedangkan Jika Revenue Cost ratio lebih kecil dar satu, misalnya 0,5 berarti dari setiap 1 rupiah modal yang anda keluarkan mengalami kerugian sebesar 0,5 maka usaha yang dijalankan tersebut tidak layak. 

Rumusnya sebagai berikut.   
R/C         = Total Penerimaan : Total Biaya Operasional
Ilustrasi Contoh Revenue Cost Ratio
Total Penerimaan = Rp. 20.000.000,-
Total Operasional = Rp. 16.000.000,-
R/C         = Total Penerimaan : Total Biaya Operasional
                = Rp. 20.000.000,- / Rp. 14.000.000,-
                = 1.42 (Usaha Layak)
Selamat berhitung...... Bagaimana dengan usaha Anda?

Image Source : http://all-free-download.com

Post a Comment

Powered by Blogger.