Berita Terkini :
Home » , » Tips memilih bisnis waralaba

Tips memilih bisnis waralaba

Written By wira usaha on 20 January 2015 | 11:46 AM

Tips memilih bisnis waralaba
TabloidWirausaha - Tips memilih bisnis waralaba | Tidak bisa dipungkiri bahwa membuka usaha sendiri merupakan hal yang tidak mudah. Perlu banyak pengorbanan didalam menjalankannya disamping resiko kegagalan yang dihadapi. Bisnis waralaba bisa menjadi alternative bagi anda yang tidak ingin repot dalam memulai berwirausaha, namun demikian tidak semua bisnis waralaba cocok dan bisa anda jalankan. Perlu memilih dan memilah bisnis apa yang coco dijalankan dengan kondisi dan karakter anda.
Ada begitu banyak bisinis waralaba di Indonesia terutama dalam bidang kuliner dan sembako karena pada kedua aspek inilah orang paling banyak membutuhkan. Kuliner dan sembako merupakan kebutuhan pokok sehingga peluang pasarnyapun lebih besar dibanding dengan dengan selain dari kuliner dan sembako. Untuk itu bagi anda yang tertarik untuk mencoba bisnis waralaba perhatikan tips tips berikut sebelum anda memulai bisnis waralaba
1. Memilih waralaba sesuai dengan karakter anda
Ada begitu banyak bisnis waralaba di Indonesia ini, namun tentunya tdak semua bisnis waralaba cocok untuk anda jalani. Anda lebih tahu tentang karakter anda sendiri, jadi anda dapat memutuskan bisinis waralaba apa yang cocok anda jalankan sesuai dengan karakter anda.
2. Kenali bisnis waralaba yang akan anda jalani.
Memulai bisnis tidak hanya dengan modal ketertarikan tetapi ada yang lebih penting lagi yaitu mengenal lebih jauh bisnis waralaba yang akan anda jalani tersebut, seperti siapa pemiliknya, kapan mulai berdirinya, prestasi bisnisnya seperti apa, system manajemennya bagaimana, sisitem bagi hasil dengan setiap pengikutnya dan lain sebagainya. Kumpulkan informasi selengkap mungkin hal ini akan menjadi dasar pertimbangan anda memutuskan untuk bergabung atau tidak.
3. Memilih waralaba yang sudah teruji
Carilah waralaba yang sudah terkenal dan teruji karena kredibilitas dan citra dari sebuah bisinis sangat berpengaruh terhadap konsumen.
4. Legal Bisnis
Sebelum memutuskan memilih jenis bisnis waralaba sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai izin usahanya. Apakah semua persyaratan izin usahanya sudah terpenuhi  atau belum, hal ini sebagai perlindungan anda juga sebagai affiliate dari waralaba itu sendiri.
5. Pemilihan Lokasi
Setelah poin poin diatas terpenuhi maka poin berikutnya adalah menentukan lokasi usaha. Biar bagaimanapun lokasi memberikan peranan yang sangat penting dalam kemajuan usaha anda. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan bisinis waralaba yang anda jalani.
Bisnis waralaba bukan berarti bisnis tanpa resiko kegagalan, untuk itu diperlukan strategi lebih lanjut supaya bisnis yang dijalani bisa bertahan dan berkembang. Selain dengan pemilihan lokasi yang tepat, promosipun mutlak harus dilakukan untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk kepada masyarakat.  Banyak cara berpromposi yang bisa dilakukan baik secara offline ataupun secara online seperti memlalui social media, membuat website dan sebagainya.
Semoga tips sederhana ini bisa membantu anda dalam menentukan bisnis waralaba yang akan anda jalani.
Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger