Berita Terkini :
Home » , » Tips Mengelola Pendapatan Hasil Usaha

Tips Mengelola Pendapatan Hasil Usaha

Written By wira usaha on 13 January 2015 | 8:22 PM

Tips Mengelola Pendapatan Hasil Usaha
Tabloid Wirausaha - Tips Mengelola Pendapatan Hasil Usaha | Setiap pelaku usaha tentunya menginginkan kondisi keuangan yang sehat dan ideal, bagi beberapa perusahaan besar mungkin telah memiliki konsultan atau jasa pengelola keuangan sehingga cash flow keuangannya lebih terjaga. Namun bagi pengusaha kecil, wirausaha pemula mungkin hal ini belum bisa dilakukan sehingga kondisi keuangan masih tumpang tindih belum tertatata sesuai dengan cash flow nya. 

Dengan melakukan pengelolaan keuangan yang tepat, selain dapat menata system keuangan juga dapat memperjelas arus keluar masuk dana yang terpakai selama perusahaan tersebut berjalan, dengan demikian akan mempermudah bagi pelaku usaha untuk mengambil kebijakan kebijakan berikutnya. 

Secara umum dalam usaha dikenal dengan 2 jenis keuangan
1. Modal
Modal adalah sejumlah dana atau besar kecilnya dana yang diperlukan untuk menjalankan sebuah usaha. Modal bisa berupa Uang, Barang, Keahlian dan Spirit “Semangat menjalankan usaha”.  Besar kecilnya modal tergantung pada jenis usaha yang akan dijalankan. 

2. Keuntungan
Secara sederhana keuntungan dapat didefinisikan sebagai berikut yaitu “selisih Lebih yang didapatkan dari hasil usaha setelah dikurangi dengan Modal”
[Rugi / Laba = Pendapatan – Modal]
Karena pada kesempatan ini akan membahas mengenai cara mengelola pendapatan berupa keuntungan hasil usaha, maka kita akan fokuskan pembahasan kearah sana. Keuntuntungan yang didapatkan dari hasil usaha dapat dibagi menjadi Empat kategori.

Pertama, gunakan 15% dari keuntungan yang anda peroleh untuk memenuhi kebutuhan anda, anggaplah ini sebagai gaji yang anda peroleh dari hasil kerja keras anda. Jangan terlalu banyak mempergunakan keuntungan untuk keperluan pribadi karena itu akan mengganggu cash flow yang lainnya sehingga proses pengelolaan menjadi terganggu dan kemungkinan kemajuan usaha anda akan terhambat.

Kedua, sisihkan 10% dari keuntungan usaha anda untuk kegiatan social, seperti infaq, sodakoh, dan sumbangan social lainnya. Biar bagaimanapun dari harta yang anda usahakan tersebut disitu ada haq bagi orang orang yang membutuhkannya. Dengan berjiwa social tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan usaha anda. Sebagai mana prinsip yang diyakini seorang muslim bahwa setiap satu kebaikan akan di balas dengan sepuluh kebaikan. 

Ketiga, Sisihkan 35% untuk berbagai jenis keperluan tidak terduga, cadangan investasi, meningkatkan SDM dan berbagai keperluan jangka panjang. Kebutuhan ini hanya bisa anda gunakan sewaktu waktu saja hanya ketika benar benar diperlukan, dan pengeluarannya pun harus melalui perhitungan yang matang. Keuntungan ini bisa juga disebut dengan tabungan masa depan sehingga jika ada keperluan mendesak maka jangan digunakan. 

Keempat,  60% dari keuntungan yang anda peroleh dapat dipergunakan kembali sebagai tambahan modal dan operasional usaha anda. Dengan menambahkan kembali keuntungan kepada modal usaha maka secara otomatis telah meningkatkan usaha anda kearah yang lebih baik. 

Dengan diberlakukannya pengelolaan dengan system presentase itu akan mempermudah anda dalam mengelola keuangan usaha anda. Semoga tisp sederhana ini dapat membantu memajukan wirausaha yang anda kelola. 

Image Source : http://all-free-download.com/free-vector/vector-misc/watches_and_money_vector_294165.html
Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger