Berita Terkini :
Home » , » Ingin Sukses dalam berwirausaha? Ingat DUIT dan 5P

Ingin Sukses dalam berwirausaha? Ingat DUIT dan 5P

Written By wira usaha on 02 March 2015 | 11:05 AM

Tips Sukses Wirausaha
Tabloid Wirausaha – Inspirasi wirausahaAnda | tidak satupun wirausahawan didunia ini yang ingin usahanya bangkrut. Berbagai macam cara dilakukan dan segala tips di coba demi memajuakn usahanya. Disini kami mencoba berbagi pengetahuan denga pembaca semua semoga dapat bermanfaat dan bisa di terapkan dalam usaha anda. Tips ini sederhana namun kadang disepelekan, tips ini didapat dari seorang wirausahawati produk kecantikan “Wardah “yang ketika itu diwawancarai di salah satu televisi swasta baru baru ini. Beliau “Ibu Nurhayati Subarkah” menyampaikan beberapa tips sederhana namun cukup mendalam. Tips untuk sukses berwirauahanya bliau adalah DUIT dan 5P.

Tips yang pertama adalah DUIT

Apa itu DUIT?

D = Do’a, Manusia sebagai mahluk Allah sangat lah lemah semua yang dilakukannya tidak akan pernah bisa berhasil tanpa adanya pertolongan dari Allah. Untuk itu Do’a atau permohonan kepada Robbul ‘alamin harus selalu di panjatkan kepada Allah Subhanahu wata’ala agar segala yang diusahakan bisa berjalan lancar sesuai dengan yang di inginkan.

U = Usaha, setelah beroda kepada Allah Ta’ala maka kita harus berusaha untuk mewujudkan keinginan dari do’a yang di panjatkan tersebut. Karena berdo’a tanpa adanya usaha adalah sia – sia sedangkan berusaha tanpa melakukan do’a adalah kesombongan.

I =Ikhtiar, merupakan kesungguhan dari usaha untuk memperoleh apa yang dikehendakinya. Ikhtiar lebih kepada kesungguhan dalam berusaha sehingga setiap kesempatan dan peluang untuk maju tidak disia – siakan. Seseorang yang melakukan ikhtiar dengan sungguh sungguh akan memiliki dampak positif pada pelakunya diantaranya :
1. Merasakan kepuasan batin, karena telah berusaha dengan sekuat tenaga dan mengerahkan segala kemampuanya yang di miliki.
2. Terhormat di hadapan Allah dan sesama manusia.
3. Dapat berhemat karena merasakan susahnya berusaha.
4. Tidak mudah berputus asa.
5. Menghargai jerih payahnya dan jerih payah orang lain.
6. Tidak menggantungkan orang lain dalam hidupnya.

T = Tawakal, Setelah melakukan ke tiga poin di atas maka saatnya bertawakal yaitu menyerahkan semua keputusannya kepada Allah, karena bagi seorang muslim yang beriman kepada Allah  memandang sebuah kesuksesan itu tidak semata dari hasil kerja kerasnya saja melainkan di situ ada campur tangan Allah Ta’ala sehingga apabila Allah menghendaki dia sukses maka dia tidak akan sombong dan apabila Allah taktirkan dalam usahanya gagal maka dia tidak akan berputus asa.

Tips yang ke dua yaitu 5P

P yang pertama adalah  Product, ini sederhana saja, bagi seorang yang ingin berwirausaha apapun itu, hal yang pertama harus dimiliki adalah produk. Produk yang dimiliki tidak harus berupa barang saja tetapi bisa juga dalam bentuk jasa.

P yang kedua adalah Price, ketika anda memiliki sebuah produk baik itu berupa barang atau jasa maka anda harus menentukan sebuah harga dari produk yang anda tawarkan tersebut.

P yang ketiga adalah Place, tempat usaha merupakan hal yang harus diadakan hal ini juga yang akan mendorong kepercayaan konsumen kepada anda. Tempat usaha idealnya ditempat yang strategis atau setidaknya dekat dengan keramaian, namun jika hal itu belum mampu makan anda dapat menjadikan rumah anda sebagai tempat usaha anda.

P yang ke empat adalah Promotion, supaya produk kita laku dipasaran maka harus ada promosi atau iklan untuk memperkenalkan produk tersebut. Syarat dari promosi adalah yakin terhadap barang yang anda promosikan sehingga kata kata dalam promosipun harus dapat meyakinkan calon pelanggan anda.

P yang kelima adalah Pertolongan Allah Ta’ala, sekali lagi dalam hal ini kita sebagai manusia hamba Allah semua tergantung kepada-Nya. Apapun yang diusahakan oleh kita maka hasilnya kita serahkan kepada Allah Ta’ala. Dengan berserah diri maka pertolongan Allah pun pasti akan datang dan melancarkan usaha anda dengan syarat anda yakin akan pertolongan Allah tersebut.

Artikel diatas merupakan pengembangan dari poin poin utamanya.
Demikian semoga tips sederhana ini dapat menjadi penyemangat anda dalam berwirausaha. 
Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger