Berita Terkini :
Home » , , » Ingin Sukses usaha jasa pengiriman? Perhatikan enam hal berikut

Ingin Sukses usaha jasa pengiriman? Perhatikan enam hal berikut

Written By wira usaha on 18 March 2015 | 2:39 PM

Usaha Jasa Pengiriman Barang
TabloidWirausaha - Usaha Jasa Pengiriman Barang | Dengan semakin majunya tingkat ekonomi masyarakat dimana banyaknya orang bertransaksi secara baik secar online maupun offline hal ini menciptakan peluang usaha baru yaitu usaha jasa pengiriman. Terutama dalam hal transaksi online yang semakin mendapat kepercayan tinggi dari masyarakat  sehingga semakin mudah berbelanja walaupun penjual dan pembeli tidak saling bertemu. Itulah sebabnya jasa pengiriman barang semakin di butuhkan terutama oleh para pelaku bisnis ini.

Peluang usaha dan prospek dari bisnis jasa pengiriman barang masih sangat bagus dan terus berkembang. Tentu saja bukan hanya orang yang berbisnis online yang target utama, namun masyarakat umum hingga perusahaan besar sangat membutuhkan bisnis jasa pengiriman barang ini. Walau demikian, diperlukan riset yang mendalam guna memulai usaha jasa pengiriman barang.

Ada beberapa hal yang mesti anda lakukan sebelum memulai usaha jasa pengiriman barang, riset ini akan menentukan jenis usaha jasa pengiriman barang dan jangkauannya.

1. Tentukan daerah operasional dan alat transportasi usaha jasa pengiriman barang anda.
Bila lokasi usaha anda berada di pusat bisnis kota yang ramai dengan banyak perusahaan, bank, pusat perbelanjaan dan kantor lainnya. Anda dapat memilih sepeda motor sebagai sarana transfortasi utama, ruang lingkup daerah operasi anda mungkin akan lebih kecil karena keterbatasan sepeda motor yang tidak dapat mengantar dengan jarak yang jauh dan paket ukuran besar. Namun sepeda motor juga dapat mempercepat pengantaran paket yang dikirim karena pusat bisnis kota adalah daerah macet, memilih sepeda motor sebagai alat transportasi adalah yang terbaik bagi usaha baru.

Bila lokasi usaha anda jauh dari pusat bisnis kota, atau bagi anda yang sudah menguasai pusat bisnis kota. Pilihan menggunakan mobil adalah keharusan, hal ini karena jarak tempuh mobil lebih luas dan paket yang di antar dapat lebih banyak dan ukuran paket yang lebih besar. Semakin luas jangkauan operasi tentu juga akan semakin banyak keuntungan yang di dapat.

2. Tentukan jenis paket layanan yang akan anda antar
Bila lokasi usaha jasa pengiriman barang anda berada di pusat bisnis kota, anda dapat menangani pengiriman surat menyurat, dokumen penting dan paket-paket kecil di dalam kawasan pusat bisnis kota saja. Transfortasi utama yang anda butuhkan adalah sepeda motor. Kuasai dahulu pasar ini sebelum anda memutuskan melebarkan wilayah operasi.

Bila lokasi usaha jasa pengiriman barang anda terletak di pinggiran kota, anda dapat mengambil semua jenis paket anataran. Mulai dari surat menyurat, dokumen rahasia, paket kecil sampai kargo ukuran besar. Anda dapat beroperasi di semua wilayah, tentu dengan dukungan alat transfortasi mobil yang harus anda miliki. Hal ini juga berlaku bagi anda yang sudah menguasai pasar pusat bisnis kota dan ingin melebarkan pelayanan usaha anda.

3. Menentukan tarif layanan
Anda harus menentukan besaran tarif yang pas bagi layanan jasa pengiriman barang anda. Tentunya tarif untuk mengantar surat dengan dokumen rahasia adalah berbeda walaupun ukuran mungkin saja sama, begitu juga paket. Anda harus membuat tarif berdasarkan jenis, berat, ukuran dan jarak tempuh antaran paket tersebut.

Anda juga harus menentukan jam operasional, batas pengiriman barang, biaya tambahan dan layanan lainnya yang ditawarkan. Anda juga harus menentukan jam berapa batas pengiriman barang yang langsung diantar hari ini atau termasuk antaran esok hari. Ketahui juga tarif dari kompetitor anda diwilayah usaha anda.

4. Urus izin usaha
Izin usaha bagi peluang usaha jasa pengiriman barang merupakan sebuah keharusan juga, hal ini akan meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas usaha anda dimata pelanggan. Pelanggan memerlukan kepastian bahwa barang mereka akan sampai sesuai dengan layanan. Anda dapat mengurus Surat izin gangguan, surat izin usaha perdagangan dan perizinan lain yang dibutuhkan di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Daerah Tingkat II atau setingkat dengan Kabupaten atau Kotamadya setempat. Bagi Kabupaten atau kota yang sudah di lengkapi unit pelayanan terpadu bisa mendapatkannya di sana berikut dengan perizinan lainnya.


5. Promosi
Promosi untuk peluang usaha jasa pengiriman barang adalah suatu keharusan. Buatlah kartu nama dan brosur atau leaflet usaha anda. Bagikan ke kantor kantor di pusat bisnis kota, tempat keramaian atau toko toko di pasar, mal dan disekitar tempat usaha anda. Buat papan nama didepan lokasi usaha, memasang iklan di korandan yelow page.

Anda juga dapat membuat sebuah Website perusahaan yang profesional guna membantu usaha anda secara online. Pastikan website berisi konten berupa daftar tarif, wilayah operasional, waktu pengiriman dan kalau memungkinkan ada traking barang yang sedang diantar.


6. Kerjasama
Adakalanya barang yang hendak anda kirim ternyata memiliki tujuan yang jauh, diluar jangkauan dan belum terdapat kantor atau pelayanan ke daerah tersebut. Tentu anda tidak ingin begitu saja menolaknya karena ini adalah peluang bagi anda, apalagi bila itu pelanggan setia anda. Saat ini banyak yang mengajak kerjasama dibidang jasa pengantaran, anda dapat mengambil salah satunya guna melebarkan sayap. Anda juga dapat berkerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman barang terkemuka seperti FedEx, Tiki atau JNE atau Pos Indonesia. Biasanya mereka akan memberikan diskon khusus bagi anda, barang yang anda kirimpun lebih terjamin.

Selain beberapa hal di atas, anda harus juga memperhatikan kesiapan usaha anda. Perhatikan kualitas pelayanan usaha, kecepatan dan ketepatan pengiriman, dan tentu saja karyawan anda. Pilih karyawan yang memiliki dedikasi tingi terhadap pekerjaan. Dalam bidang jasa, kepuasan pelanggan adalah prioritas utama.

Image Soruece : rusdiyanis.wordpress.com
Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger