Berita Terkini :
Home » , , » Peluang Usaha Kerajinan Kain Perca

Peluang Usaha Kerajinan Kain Perca

Written By wira usaha on 10 March 2015 | 9:10 PM


Peluang Usaha Kerajinan Kain Perca
Tabloid Wirausaha – PeluangUsaha Kerajinan Kain Perca | Kain perca adalah kain sisa guntingan yang berasal dari pembuatan pakaian, kerajinan atau produk tekstil lainnya. Banyak orang yang tidak tahu bahwa kain perca sangat bermanfaat jika kita tahu cara mengolahnya, bahkan bisa jadi sumber pendapatan yang menguntungkan dari kerajinan kain perca ini. Produk produk yang dihasilkan dari kreasi kain perca ini antar lain bedcover, selimut, sarung bantal kursi, hiasan dinding, tutup kotak tissue, cempal, alas panas, taplak meja, sarung toples, tas, tutup kulkas, tutup galon, tutup tudung saji, tempat surat, dan lain-lain.


Tenkin menjahit kain perca adalah menggabungkan potongan-potongan kain perca dengan cara dijahit tangan atau mesin jahit sesuai dengan pola yang diinginkan. Jahit perca pada dasarnya mempelajari tehniknya bukan bahannya. Patchwork, quilting dan applique merupakan tehnik-tehnik dalam kreasi jahit perca. Patchwork adalah tehnik menjahit, menyusun dan menggabungkan kain perca mengikuti pola berulang sesuai rencana. Applique adalah tehnik membentuk gambar dari potongan kain kemudian menempelkan diatas permukaan kain dasar membentuk pola tertentu. Kedua seni ini kemudian disempurnakan dengan tehnik jahit tindas ( quilt ). Tehnik ini dilakukan setelah menyisipkan dakron atau koldore/ busa angin atau silicon atau kapas, diantara lembaran kain sehingga hasilnya lebih rapi dan memiliki ketebalan yang memberikan keindahan dan keunikan tersendiri.


Ada beberapa jenis kain perca batik yang masing-masing berbeda jenis bahan. Dua diantaranya yang paling banyak adalah jenis kain batik dari bahan katun dan sunwosh. Memanfaatkan kain perca sebagai bahan baku utama pembuatan aneka kerajinan ternyata bisa menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan. Dari kain sisa jahitan yang awalnya tidak bernilai, bisa dikreasikan menjadi berbagai macam produk kerajinan yang memiliki fungsi dan harga jual cukup tinggi.





Dengan memproduksi aneka macam produk kerajinan kain perca, tentunya Anda bisa membidik pangsa pasar yang cukup luas. Sebut saja produk kebutuhan rumah tangga seperti bed cover, sprei, keset, bisa Anda pasarkan untuk kalangan rumahtangga. Sedangkan untuk produk boneka, kotak pensil, tas, dan dompet handphone, bisa Anda tujukan untuk konsumen anak-anak maupun kaum remaja.



Dalam memulai bisnis kerajinan kain perca, ada beberapa persiapan yang harus Anda perhatikan diantaranya:




1. Tentukan ide dan desain produk yang akan Anda produksi.



Sesuaikan desain yang Anda buat dengan target pasar yang ingin Anda bidik. Dalam hal ini anda dituntut memilliki kejelian dalam melihat peluang pasar yang akan di bidik dengan menyesuaikan jenis dan warna kain perca yang akan di kreasikan. Sebagai Contoh desain warna-warni cerah untuk konsumen anak-anak dan remaja, sedangkan untuk konsumen ibu-ibu bisa memilih desain yang lebih simpel dengan warna yang lebih kalem.







2. Pengetahuan dan kemampuan.



Anda dapat membaca buku-buku kreasi perca maupun searching model-model baru dari internet. Langkah ini cukup penting agar produk Anda selalu ter update.







3. Persiapkan peralatan dan perlengkapan.



yang dibutuhkan selama proses produksi berlangsung. Mulai dari mesin jahit, benang, jarum, gunting, dan lain sebagainya.







4. Jalin kerjasama dengan pemasok kain perca.



Bisnis kerajinan kain perca termasuk salah satu peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil namun menjanjikan untung yang cukup besar. Bahan baku kain perca bisa Anda dapatkan dengan harga murah meriah dari para penjahit maupun pabrik konveksi yang ada di sekitar lokasi Anda. Bahkan bila Anda sudah menjalin hubungan baik dengan pelaku bisnis konveksi, pasokan potongan kain sisa bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma atau dengan harga yang sangat murah.




Strategi Pemasaran



Dalam memasarkan produk kerajinan daur ulang, banyak cara yang dapat anda lakukan misalnya saja Anda bisa menitipkan hasil kreasi yang telah dibuat ke beberapa kios souvenir maupun toko perabot rumah tangga yang ada di sekitar lokasi bisnis Anda, dengan system perjanjian yang disepakati bersama antara anda dengan penjual produk. 




Strategi promosi juga bisa Anda jalankan melalui jaringan internet. Saat ini peran media online bagi pemasaran produk sudah tidak perlu diragukan lagi, jadi Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuat website, blog, facebook, twitter, atau bergabung dengan forum-forum diskusi via online untuk memperluas peluang pasar yang Anda miliki.




Kunci Keberhasilan



Untuk menjaga kelangsungan bisnis kerajinan kain perca ini perlu adanya strategi. Salah satunya adalah Kreativitas dan ketekunan. Carilah ide-ide baru untuk menciptakan produk baru yang tentunya digemari para pelanggan. Dengan memanfaatkan kain perca sebagai peluang usaha, untung jutaan rupiah pun bisa Anda dapatkan setiap bulannya. Semoga informasi peluang usaha ini dapat meng-inspirasi anda dan menambah wawasan wirausaha Anda.  




Image Source : desainrumahideal.com
Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

+ comments + 1 comments

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger