Peluang Usaha Jual Aneka Gorengan
Tabloid Wirausaha – Peluang usaha jualan anekaGorengan | GORENGAN, makanan ringan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Citarasanya yang khas gurih dan renyah membuat panganan yang satu ini banya diminati masyarakat. Mulai dari rakyat sampai dengan pejabat, banyak menyukai makanan ini. Peluag  usaha jualan gorengan ini dapat di rintis dengan modal yang cukup kecil sehingga setiap orang dapat mencoba untuk merintis usaha aneka gorangan ini.

Banyak aneka gorengan yang popular dimasyarakat misalnya, pisang goreng krispi, pisang gorng kipas, tempe goreng, tahu isi, bakwan, ubi goreng, cireng (aci goreng), tape goreng, dan lain lain. Kita bisa menemukan berbagai macam gorengan tersebut mulai dari Restoran yang mewah hingga yang dijual di angkringan atau rumah. Nah, untuk membuat usaha warung gorengan ini pun cukup mudah. Peralatan yang perlu dipersiapkan antara lain:

1. Tempat Usaha
Berbicara mengenai tempat usaha, tempat untuk berjualan gorengan ini cukup feksibel, jika tempat ushaha berupa gerobak dorong maka bisa berjualan cecara keliling jadi tidak perlu tempat mangkal yang khusus dan bisa juga mangkal ditempat tempat tertentu yang dianggap strategis untuk  berjualan. Apabila tempat mengolah gorengan berupa gerobak porteable “gerobak tanpa roda”maka ini perlu tempat mangkal yang khusus untuk menjajakan aneka gorengan tersebut. Adapun beberapa tempat strategis yang bagus untuk mangkal antaralain sekolah, gedung perkantoran, komplek perumahan dan tempat tempat keramaian lainnya.

2. Peralatan dan Gerobak
Untuk peralatan memasak sendiri tentunya cukup dengan peralatan memasak yang sederhana, seperti kompor, wajan dan serok untuk menggoreng (kalau bisa wajan yang besar agar bisa menampung banyak bahan yang digoreng), tempat plastik untuk meletakkan gorengan, alat penggiling jika diperlukan, serta tas plastik atau kresek. Sediakan pula cabai rawit, karena banyak yang beranggapan bahwa rasa gorengan tidak lengkap tanpa cabai rawit. Adapun gerobak seperti telah dijelaskan diatas, bisa menggunakan gerobak porable ataupun gerobak dorong.

3. Peralatan Lain.
Untuk peralatan yang lain Anda bisa menambahkan meja atau kursi secukupnya untuk para pembeli yang mengantri.

Harga yang bisa Anda tawarkan antara Rp. 500,00 sampai Rp. 1000,00 per gorengan tergantung dari besar kecilnya gorangan yang anda buat. Adapun keuntungan yang didapat dari per-satu gorengan memang cukup kecil yaitu kisaran Rp. 100,- sampai Rp.200,-. Tetapi keuntungan yang sebesar itu, dan gorengan yang terjual bisa mencapai ratusan buah maka dalam satu bulannya Anda bisa mendapatkan keuntungan bersih hingga ratusan ribu rupiah. Hal ini juga tergantung seberapa banyak Anda akan menjual gorengan per harinya.

Untuk menjaga kualitas dari gorengan serta mengurangi dampak resiko terhadap kesehatan, maka penjual harus memperhatikan bebrapa hal berikut ini:

1. Gunakan minyak goreng yang baru.
Gantilah minyak yang Anda gunakan secara berkala. Jangan menunggu minyak goreng sampai terliha menghitam karena hal tersebut akan memiliki dampak buruk terhadap kesehatan seperti menimbulkan panas dalam ataupun kolesterol.

2.  Biasakan berprilaku Jujur
Bagi sebahagian penjual, hanya demi mengejar keuntungan banyak kecurangan yang dilakukan tanpa memperhatikan dampak negative yang ditimbulkannya. Biasanya ada beberapa penjual gorengan yang bertindak curang, dengan menambahkan plastik atau sedotan plastik pada saat menggoreng. Tindakan seperti ini mereka lakukan dengan tujuan agar gorengan tetap crispy. Anda bisa membuktikan sendiri dengan mempraktekkannya di rumah. Buat gorengan yang dicampur dengan sedotan plastik dan gorengan yang tidak dicampur dengan sedotan plastik, lalu diamkan beberapa jam. Setelah itu Anda bisa melihat, gorengan yang dicampur dengan sedotan plastik akan tetap terlihat crispy sementara yang lain akan terlihat melempem. Hal ini sebaiknya jangan Anda contoh, apabila Anda tidak ingin kehilangan pelanggan.

3. Teknik penirisan
Sediakan saringan diatas penggorengan hal ini bertujuan untuk menaruh hasil gorengan yang telah matang supaya minyak yang masih menempel di gorengan tersebut bisa turun kembali ke penggorengan. Jangan menaruh gorengan didalam wadah yang tidak memiliki lobang lobang pembuangan minyak, hal ini dapat menyebabkan gorengan yang paling bawah akan terendam oleh minyak yang turun dari gorengan yang paling atas sehingga gorengan menjadi tidak menarik lagi.  

Mengingat semakin banyaknya penjual gorengan maka disarankan agar Anda mencoba mencari inovasi-inovasi resep gorengan Anda agar tidak kalah saing. Dengan modal ratusan ribu rupiah pun Anda bisa memulai membuka usaha gorengan yang sederhana. Kini saatnya membuka peluang usaha dengan modal kecil, Anda pun sudah bisa memperoleh keuntungan besar yang menjanjikan.

Analisis Ekonomi :

Modal awal
Bahan baku                                       Rp 500.000,00
Gerobak                                            Rp 1.500.000,00
Peralatan                                           Rp 500.000,00
Lain – lain                                          Rp  100.000,00
Jumlah                                               Rp 1.600.000,00

Biaya Operasional / hari
Pembelian bahan baku                    Rp 250.000,00
Gas Elpiji                                           Rp  40.000,00
Lain – lain                                          Rp  100.000,00+
Jumlah  *                                            Rp 390.000,00

Pemasukan
Omset/ hari           : 500 buah x @ Rp 1000,00  =    Rp 500.000,00
Keuntungan / hari                                   Rp  110.000,00
Keuntungan / bulan
Rp 110.000,00 x 30 hari =                     Rp 3.300.000,00

Sebuah keuntungan yang luarbiasa, mungkin sebahagian orang menganggap sepele hanya sekitar Rp. 100,- sampai Rp. 200,- rupiah pergorengan, namun jika di lihat dalam sebulan ternyata hasilnya besar juga.

Harga setiap item diatas tentunya disetiap daerah berbeda beda, disini kami mengambil keumuman harga saja sehingga estimasinya tidak akan jauh berbeda.
Bagaimana anda tertarik untuk berjualan gorengan? Selamat mencoba!!!! 

 Image Source : id.wikipedia.org

Post a Comment

Powered by Blogger.