Peluang Usaha Susu Kacang Kedelai
Tabloidwirausaha – Peluang usaha susu kacang kedelai | Ditengah perekonomian sekarang ini yang semua kebutuhan bahan pokok yang serba mahal maka perlu adanya alternative bahan pokok dengan harga terjangkau dengan kualitas yang sama. Salah satu contohnya adalah susu yang merupakan sumber gizi, protein, dan vitamin. Jika kita melihat dipasaran harga susu sangat tinggi dan hampir tidak bisa terjangkau oleh masyarakat yang berpenghasilan pas pasan, untuk itu perlu adanya susu pengganti yang lebih murah tetapi memiliki kandungan yang sama bagusnya, salah satu nya yaitu dengan susu kacang kedelai. Peluang usaha susu kacang kedelai masih sangat terbuka lebar dan merupakan salah satu peluang usaha yang mudah untuk di pelajari dan dijalankan. Peluang usaha susu kacang kedelai ini juga sangat mudah dibuat dan bahan bakunya mudah didapat. 


Beberapa Manfaat Susu Kacang Kedelai

1. Sebagai Anti Oksidan dan ati Aging

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

3. Mengontrol keseimbangan hormone

4. Pengendali Diabetes

5. Mengatasi masalah berat badan (Obesitas)

6. Mengatasi Masalah Ginjal

7. Mengatasi masalah pencernaan

8. Menguatkan tulang dan anti osteoporosis

9. Mengurangi Keluhan saat Menopouse

10. Mencegah migraine atau skit kepala

11. Mengurangi resiko kanker atau tumor



Susu kacang kedelai dapat dijadikan pengganti bagi orang yang alergi susu sapi. Dan untuk mendapatkannya bisa diperoleh dengan harga murah. Hingga susu kacang kedelai dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Inilah sebabnya peluang usaha susu kacang kedelai masih terbuka lebar dan menguntungkan.



Bahan baku susu kacang kedelai

Bahan utama usaha modal kecil susu kacang kedelai tentu saja kacang kedelai.



Perlengkapan usaha susu kacang kedelai

Perlengkapan usaha susu kacang kedelai tidaklah terlalu banyak, anda hanya membutuhkan panci untuk memasak dan merendam serta sebuah blender atau tumbukan untuk menghancurkan kacang kedelai. bila usaha modal kecil susu kedelai ini sudah berjalan dengan baik dan membutuhkan banyak bahan, anda bisa membeli alat mengaduk kedelai untuk meringankan usaha anda.

Cara membuat susu kacang kedelai



Bahan-bahan susu kacang kedelai

  1. Kacang kedelai 1 kilogram
  2. Gula pasir 1kilogram
  3. 5 liter air
  4. 10 lembar daun pandan guna menghilangkan bau apek

Cara membuat susu kacang kedelai:

  1. Bersihkan kacang kedelai dari kotoran. Pergunakan kacang kedelai yang bersih serta tidak terdapat bercak atau noda hitam. Ini agar susunya enak serta tidak pahit.
  2. Rendam kedelai di dalam air panas selama sekitar 4 jam sampai empuk
  3. Blender sampai halus. Kacang kedelai ¼ kilogram diblender dengan 1 liter air.
  4. Saring sampai tinggal tersisa ampasnya.
  5. Masukkan air kedelai hasil saringan ke dalam panci, setelah itu dipanaskan.
  6. Masukkan 2 atau 3 lembar daun pandan dan ¼ kilogram gula pasir.
  7. Aduk perlahan selama sekitar 1 jam sampai mendidih. Pengadukannya harus terus menerus supaya tidak “pecah”, sehingga tidak mudah basi.
  8. Angkat setelah matang dan dinginkan, kemas setelah dingin

Untuk memvariasikan warna dan rasa pada susu kedelai yang original maka anda dapat menambahkan campuran pewarna dan rasa makan kedalam susu kedelai original. Hal ini selain menambah daya tarik dan nilai jual juga dapat menghilangkan bau langu yang berasal dari kedelai itu sendiri.



Harga jual susu kacang kedelai

Harga jual susu kacang kedelai antara Rp 1.000 - Rp 3.000 bila anda menjualnya di pinggiran jalan, tapi bila anda menjualnya di Cafe harga jualnya pun dapat dinaikkan.

Kelemahan Usaha susu kacang kedelai


Seperti halnya usaha minuman dingin, resiko terbesar adalah bila susu kacang kedelai mudah basi. Susu kacang kedelai ini hanya dapat bertahan selama 1 hari atau sekitar 12 jam saja. Untuk menghindari hal tersebut atau memperpanjang usia expaired susu kacang kedelai maka masukan kemesin pendingin, hal ini dapat  dapat bertahan hingga 5 hari asalkan tertutup rapat. Anda tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba.


Image Source : wahyourins.blogspot.com


Post a Comment

Powered by Blogger.