Berita Terkini :
Home » , » Peluang usaha jasa LAS Tralis, Pagar dan Canopy

Peluang usaha jasa LAS Tralis, Pagar dan Canopy

Written By wira usaha on 16 August 2015 | 9:25 PM

Usaha Jasa LAS
Tabloidwirausaha – Inspirasi Wirausaha Anda | Usaha jasa yang satu ini cukup menjanjikan jika dijalankan dengan sungguh-sungguh. Usaha jasa ini banyak diperlukan terutama di daerah perumahan yang baru dibuka. Dengan meningkatnya jumlah pembangunan rumah yang dilakukan oleh pengembang, usaha ini merupakan prospek bagi bengkel las teralis, umumnya rumah dibangun secara standard sehingga masih perlu banyak penambahan penambahan lainnya seperti pembuatan pagar, teralis, canopy, pintu garasi, tangga, dan lain sebagainya. Disinilah jasa tukang LAS sangat diutuhkan.

Hal diatas tadi hanya sebagai salah satu contoh saja, dalam prakteknya banyak peluang yang dapat di ambil dengan menggeluti usaha jasa LAS tersebut. Seperti membuat peralatan dan perlengkapan rumah tangga, gedung, perkantoran yang terbuat dari logam untuk kemudian dijual ke konsumen. 

Tempat Usaha
Berkenaan dengan tempat usaha jasa LAS ini, idealnya harus memiliki area yang cukup luas karena berkenaan dengan produk yang dibuat biasanya memiliki ukuran yang berupa volum dan luas seperti pagar Trails, Canopy, Pintu yang semuanya memiliki ukuran yang cukup besar. Namun demikian bukan berarti lahan sempit tidak bisa dijadikan tempat usaha, selagi Anda bisa mengaturnya maka hal itu bisa Anda gunakan sebagai Work Shop. Salah satunya Anda dapat menggunakan sebagian halaman rumah sebagai tempat usaha Anda.

Peralatan Usaha
Sebagaimana jenis usahanya maka peralatan utama yang diperlukan untuk usaha jasa LAS adalah mesin LAS. Ada banyak jenis mesin LAS yang dapat digunakan, namun sebagai permulaan sebaiknya Anda menggunakan mesin LAS listrik portable yang memiliki daya rendah. Hal ini agar mudah dibawa kemana mana jika suatu saat ada orderan yang harus dikerjakan langsung di tepat si konsumen. 

Berikut Tips memilih mesin LAS yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Dana
Mesin LAS memang bukan harga murah untuk itu menyesuaikan budget sangatlah penting agar tidak salah beli. Usahakan jangan membeli mesin LAS yang bekas karena kita tidak tahu apakah mesin LAS tersebut masih layak pakai atau tidak. 

2. Sesuaikan Jenis Usaha
Sebelum membeli mesin las perlu dilihat kesesuaian antara mesin las dengan pekerjaan kita. Pekerjaan berat dengan ketebalan plat lebih dari sepuluh millimeter maka mesin las jenis Mig 350A ke atas, lebih cocok untuk dipilih. Untuk plat yang ketebalannya kurang dari lima millimeter bisa memilih Mig 250 ke bawah.

3. Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi yang rendah bisa dikerjakan secara manual akan tetapi kalau usaha kita sudah memiliki kapasitas produksi yang tinggi kita sudah harus beralih ke mesin yang otomatis. Maka pilihan kita jatuh pada mesin las SAW dengan segala variannya. Atau Roboweld untuk otomasi mesin Mig kita. Dan kalau diperlukan mesin las Robot yang menggunakan teknologi komputerisai.

4. Lama Peakaian
Apakah pemakaian mesin trafo las listrik ini untuk jangka lama, misal 8 jam non stop atau hanya sekedar untuk pemasangan saja. Jika menggunakan mesin las 900 watt umumnya mesin jenis ini hanya dipakai untuk jangka pendek, artinya dipakai untuk aplikasi pemasangan saja yang umumnya memakan waktu kisaran 2-4 jam. Untuk pemilihan mesin yang digunakan sehari-hari full lebih baik disarankan memilih jenis Mesin Las Listrik dengan daya 1500 watt keatas. Mesin dengan daya 1500 watt keatas jelas lebih tahan untuk dipakai berjam-jam.

5. Memiliki dutycycle yang cukup
Mesin yang ideal memiliki dutycycle sampai 100% akan tetapi sangat jarang sekali, kalaupun ada harganya pasti sangat mahal. Mesin yang ada di pasaran biasanya memiliki dutycycle 30% sampai 60%. Akan tetapi kita tidak boleh percaya dengan label yang tertera di mesin perlu dibuktikaan dengan memakai mesin las tersebut baru ketahuan dutycycle yang sebenarnya.

6. Pilih Mesin Las yang Memiliki After Sale Service
Penting untuk memperhatikan after sale pada mesin las. Perhatikan juga, apakah after sales tersebut diberikan dari pabrik atau penjual. Jangan sampai pekerjaan kita terhambat hanya karena kendala mesin las. Banyak penjual yang menjanjikan garansi yang baik  tetapi seringkali harus membawa mesin ke kantor pusat yang jauh untuk melakukan servis, jadi butuh waktu lama bila ada kerusakan. Kalau perlu penjual bisa memberi jaminan servis di lokasi atau bila perlu membawa mesin tidak lebih dari tiga hari dengan tambahan ada mesin pengganti.

Selain peralatan utama yang harus dimiliki, ada juga peralatan peralatan lainnya sebagai pendukung usaha jasa LAS seperti alat pemotong logam, Alat Finishing dan alat bantu lainnya.

Karyawan
Mengelas bukanlah pekerjaan yang mudah, mengelas sendiri perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan mengenai bagaimana teknik-teknik pengelasan yang baik dan benar. Untuk itu jika Anda belum mahir dalam melakukannya maka merekrut seorang karyawan untuk dijadikan sebagai tenaga ahli menjadi salah satu keharusan. Untuk itu carilah orang yang memang sudah berpengalaman dalam bidang welder atau pengelasan. 

Seorang welder tidak hanya mahir dalam melakukan penyambungan / LAS tetapi juga harus memiliki jiwa seni dan daya kreatifitas tinggi, sehingga apa yang dia kerjakan tidak hanya rapih tetapi juga memiliki nilai seni. 

Promosi dan Pemasaran
Jika usaha Anda masih dalam sekala kecil dengan target market area sekitar Anda maka cukup dengan menyebarkan sebuah famplet atau bisa sesekali keliling berkendara menawarkan jasa LAS Anda. Tidak lupa pula di workshop anda dipasang plang dengan nama Workshop Anda. 

Image Source : pandukaryasejahtera.blogspot.com
Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger