Berita Terkini :
Home » , , » Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang

Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang

Written By wira usaha on 22 September 2015 | 1:40 PM


Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang
TabloidWirausaha - Usaha Air Minum Isi Ulang | di zaman yang semuanya serba instan, mudah, simple dan ingin serba cepat, membuat kehidupan masyarakat menjadi ikut berubah, salah satu contohnya adalah dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti menyediakan air minum untuk keluarga. Sebelum adanya teknik filtrasi penyinaran ultra violet, merebus air dikompor atau tungku untuk mendapatkan air yang matang itu menjadi sesuatu hal yang biasa dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Tetapi seiring dengan kemajuan teknologi khususnya dalam bidang pengolahan air mentah menjadi air siap minum berkembang, pengolahan air secara konvensional mulai ditinggalkan, mereka beralih ke teknologi filtrasi yang pengolahannya lebih cepat, lebih mudah, murah dan menurut penelitian kualitas air yang didapat pun menjadi lebih baik. 

Berangkat dari beberapa pertimbangan diatas maka sebagian keluarga modern memilih untuk membeli air minum isi ulang ketimbang harus memasak sendiri. Dari sini pula maka Peluang usaha Air minum isi ulang pun tercipta. Air minum merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa tergantikan oleh apapun. Untuk itu peluang usaha ini mempunyai prospek yang besar, tidak hanya di perkotaan, Usaha Air Minum Isi Ulang juga sudah bisa ditemui dipinggiran karena kepraktisan dan dengan harga yang terjangkau.

Deskripsi Usaha Air Minum Isi Ulang

Tempat usaha
Idealnya tempat usaha air minum isi ulang haruslah di kawasan padat penduduk seperti area perumahan yang sudah banyak penghuninya untuk itu pilihlah lokasi yang mudah di jangkau dan di pinggiran dengan akses yang mudah dan masuk kendaraan roda emapat karena mobil tangki pengisi air minum yang akan di filtrasi harus masuk sewaktu waktu untuk mengisi penapuang air. Anda dapat membuka usaha kecil ini di sekitar perumahan, Anda juga dapat memanfaatkan sebagian rumah untuk dijadikan sebagai tempat usaha Air minum isi ulang.

Perlengkapan dan Peralatan Usaha.
Dikutip dari http://wirausahamodalkecilkita.blogspot.co.id, modal awal untuk usaha ini memang cukup besar, hal ini dikarenakan perlengkapan usaha yang di butuhkan juga cukup lumayan harganya. Tentu saja yang paling penting adalah alat penyulingan air minum isi ulang yang bisa anda dapatkan dari para supplayer, biasanya para supplayer alat ini juga akan menyediakan air minum isi ulang yang bisa anda beli per tangki yang di ambil dari mata air pegunungan. Harga untuk Paket alat penyulingan air minum isi ulang ini bervareasi, saat ini berkisar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta tergantung teknologi, jenis filtrasi, ukuran dan kapasitas.

Saat anda memutuskan membelinya, pastikan ada garansi purna jual atau perawatan dari supplayer termasuk ketersediaan stock lampu UV dan alat filtrasi lainnya yang mungkin akan anda butuhkan dikemudian hari. Anda juga membutuhkan tangki penampungan air dengan kapasitas diatas 5000 liter, hal ini di karenakan isi dari satu tangki mobil air minum isi ulang adalah 5000 liter. Dikarenakan harga tangki air ukuran 5000 liter ke atas masih mahal (sekitar Rp 5 jutaan ), anda dapat membangun tandon air sendiri dengan kapasitas besar. Anda juga mesti membeli Tisu + Tutup Galon dan air baku untuk usaha ini.

Perlengkapan usaha.
Perlengkapan
Harga (Rp)
Tangki penampungan air
5.000.000
Alat penyulingan air
10.000.000
20 Galon air minum @25.000
500.000
Troli untuk membawa galon air
250.000
Meja kursi + Perlengkapan kantor
300.000

Semua kisaran harga diatas bisa berubah tergantung lokasi atau daerah tempat tinggal Anda.

Karyawan
Untuk usaha air minum isi ulang ini anda memang membutuhkan setidaknya 1 orang karyawan bila anda terjun langsung, anda bisa bertindak sebagai kasir dan seorang karyawan sebagai pengisi air. Bila anda memutuskan ingin memberikan layanan pesan antar, maka setidaknya anda memerlukan satu atau dua orang guna melakukan pengantaran dan membantu operational. Untuk itu anda juga bisa menyediakan transfortasi seperti sepeda motor yang di modifikasi

Promosi Usaha
Kebanyakan dari usaha air minum isi ulang ini adalah menunggu pelanggan datang dengan sendirinya. Namun anda juga harus melakukan promosi untuk menarik banyak pelanggan ke tempat Anda, salah satunya dengan membuat spanduk atau banner besar di depan lokasi tempat usaha Anda. Anda juga dapat menyebarkan brosur dan kartu nama yang berisi informasi usaha anda, pastikan terdapat No Telp yang bisa dihubungi untuk delivery. Bagi anda yang mempunyai managemen yang sudah baik, anda dapat meminjamkan galon air kepada calon pelanggan. Peminjaman galon air akan menjamin pelanggan selalu mengisi air isi ulang di tempat kita namun hanya boleh dilakukan bila managemen anda sudah baik, sebab bila buruk akan banyak galon air tidak kembali dan hilang.

Harga Jual Air Minum Isi Ulang
Harga jual air minum isi ulang sekitar Rp 3.500 hingga Rp 4,000. Pastikan harga jual yang anda tetapkan kompetitif, hal ini untuk menjaga agar pelanggan tidak lari ke tempat lain.

Resiko Usaha Air Minum Isi Ulang
Resiko terbesar berasal dari pesaing, adanya pesaing baru biasanya akan menurunkan omzet. Setelah itu bila pelayanan anda prima, biasanya pelanggan anda akan kembali normal. Resiko lain adalah berasal dari kita sendiri seperti rasa air yang tidak enak dan layanan delivery yang tidak tepat waktu. Rasa air minum yang tidak enak bisa disebabkan karena tabung filter yang jarang dibersihkan, penggantian filter cartridge yang tidak terjadwal maupun kwalitas air baku yang kurang bagus.

Semoga info singkat ini bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda untuk berwirausaha, salam sukses!!!

Image Source: ktwtamanflora.blogspot.com

Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger