Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias
Tabloid Wirausaha – Peluang Usaha Tanaman Hias |Aneka macam tanaman hias merupakan jenis tanaman yang tidak memerlukan tempat besar untuk pertumbuhannya. Hanya dengan menggunakan media tanam seperti pot ukuran kecil atau sedang, tanaman tersebut sudah dapat tumbuh dengan baik. Di kawasan hunian berupa perumahan yang mana tidak memiliki halaman yang cukup luas, tanaman hias ini bisa di pajang sesuai dengan space yang tersedia sehingga tidak memakan tempat yang banyak. Selain dapat mempercantik rumah, tanaman hias ini juga dapat menghilangkan kesan gersang bagi yang melihatnya.

Rumah sebagai tempat hunian, tentu tak hanya sekedar layak untuk ditempati saja. Unsur seni seperti taman hias salah satunya akan membuat betah dan tidak bosan bagi penghuninya. Dalam hal tanaman sebagai penghias rumah, memang bukanlah kebutuhan penting. Namun kebanyakan para ibu rumah tangga khususnya akan sangat suka menghiasi rumah mereka dengan tanaman hias.

Melihat dari salah satu contoh kasus diatas maka tanaman hias ini bisa dijadikan salah satu peluang usaha sebagai sumber penghasilan, dan pada kenyataanya banyak lagi pangsa pasar dari tanaman hias tersebut. Bagi yang memiliki hobi bercocok tanaman mungkin akan tertarik dengan usaha ini. Tidak sulit untuk memulai usaha ini, dengan keuletan dan ketekunan bisa menghasilkan penghasilan yang cukup lumayan. Yang perlu anda lakukan adalah mempelajari cara budidaya tanaman hias agar tidak salah dalam penerapannya. 

Meski dalam proses usahanya membutuhkan waktu yang agak lama, namun bila mampu menghasilkan tanaman-tanaman yang sehat dan bagus tentunya harga akan menyesuaikan dengan kualitas tanaman yang dihasilkan. Langkah budidaya pun tak harus dalam jumlah besar. Dengan jumlah yang dirasa cukup, Anda dapat melihat pertumbuhannya di bulan-bulan awal. Dan jika nampak mudah dalam membudidayakannya, maka kita bisa menambah jumlahnya.

Pilih tanaman hias yang banyak dicari
Salah satu komodity bunga atau tanaman hias adalah bunga anggrek, bunga kertas, dan mawar. Bunga ini cukup diminati oleh berbagai kalangan, bentuknya yang cantik serta bunganya yang nampak berbeda tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta anggrek dan komoditas anggrek merupakan bungan yang cukup potensial pasarnya.
Hal penting lainnya yang harus di perhatikan dalam usaha budidaya tanaman hias adalah:
  1. Pemilihan tanaman: Tentukan jenis- jenis tanaman hias apa saja yang akan anda koleksi untuk dijual, serta perhitungkan dengan matang biaya operasional dalam merawat bibit tanaman hias tersebut, mulai dari obat- obatan, pupuk, sumber air, media tanam seperti tanah atau sekam, dan keperluan lainnya.
  2. Teknik Perawatan: Terampil merawat tanaman hias dan memahami seluk beluk atau dasar- dasar tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan tanaman hias. perawatan tanaman hias terdiri dari penyiraman dan pemupukan tanaman. Siram tanaman secukupnya untuk menhindari pembusukan pada akar tanaman. Gunakan pupuk kompos untuk pemupukan, bila sulit anda juga bisa menggunakan pupuk buatan pabrik. Usahakan tanaman tidak terlalu sering terkena sinar matahari, buatlah semacam peneduh dari jaring-jaring untuk atap tanaman anda.
  3. Sumber Air: Air menjadi kebutuhan utama dalam proses pembudidayaan tanaman hias ini. minimal dua kali penyiraman setiap harinya yaitu pagi dan sore hari agar tanaman tetap segar dan tumbuh dengan cepat.
  4. Media Tanam: Pembudidayaan tanaman hias harus disesuaikan dengan jenis dan pertumbuhan tanaman itu sendiri. Jika tanaman tersebut tumbuh tidak terlalu besar atau tinggi maka media tanam berupa pot kecil sampai ukuran sedang cocok untuk di gunakan. Selain itu tanah yang merupakan unsur pokok dalam penanaman sangat berpengaruh terhadap tanaman, jadi sebaiknya perhatikan kesesuaian antara media tanam dengan jenis tanaman yang yang akan di tanam.  
  5. Area Tempat Usaha: Untuk tempat usaha tanaman hias bisa di sesuaikan dengan sedikit atau banyaknya jenis tanaman yang di budidayakan. Pilih lokasi tempat usaha yang strategis dan agak luas. Jika modal terbatas, anda bisa memulai usaha ini dengan memanfaatkan halaman rumah yang ada atau menyewa lahan di pinggir jalan besar yang ramai.
Strategi Meningkatkan Usaha Tanaman Hias

Tingkatkan kualitas perawatan tanaman hias anda karena semakin baik perawatan yang anda lakukan, semakin bagus pula penampilan tanaman hias tersebut sehingga dapat mendongkrak harga penjualan.

Mengatur dan merapikan lingkungan tempat anda merawat tanaman hias, jangan terlalu berdesakan atau terlalu rapat karena hal ini akan mempengaruhi kualitas dari tanaman hias tersebut. Jika kualitas tanaman hias terjaga, pembeli pun akan puas dan semakin tertarik untum membeli tanaman hias yang anda rawat.

Ikuti terus perkembangan informasi mengenai tanaman hias dengan membaca majalah khusus tentang tanaman hias dan seluk beluknya, bahkan anda dapat ikut dalam komunitas atau perkumpulan tanaman hias yang disebut Perhimpunan Holtikultura Indonesia.

Jika ada pameran yang berkaitan dengan tanaman hias maka sebaiknya Anda mengikutinya, selain untuk memperluas pasar di ajang pameran ini juga bisa dijadikan sebagai ajang menggali lebih dalam mengenai teknik pembudidayaan tanaman hias dengan cara saling bertukar informasi dengan sesama peserta pameran. 

Semoga bermanfaat, dirangkum dari berbagai sumber

Image Source: peluangusahadunia.blogspot.com


Post a Comment

  1. Budidaya tanaman hias pada saat ini yang menjadi kendala adalah lahan yang makin sempit

    ReplyDelete

Powered by Blogger.