Penyebab Rumah Makan Anda Sepi Pelanggan
Tabloidwirausaha.com – Mengenal Penyebab Rumah Makan Sepi Pelanggan | Usaha yang maju dengan tempat yang selalu ramai pengunjung tentu menjadi dambaan setiap pengusaha, hal ini tidak terkecuali dengan usaha rumah makan. Rumah makan yang selalu ramai dikunjungi pelanggan menandakan usaha rumah makan tersebut sukses dalam memikat pelanggannya. Namuan jika sebaliknya maka perlu diketahui penyebabnya sehingga rumah makan Anda sepi pengunjung. 

Tidak serta merta dengan membuka usaha rumah makan di dekat jalan raya akan laris manis dan banyak diserbu pengunjung. Melihat dari lokasi mungkin hal tersebut sangat strategis tetapi hal tersebut belum cukup untuk menjadi sukses dan bisa ramai dikunjungi pelanggan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan rumah makan menjadi sepi, entah itu dari segi rasa makanan, tempat, harga atau bahkan pelayanan. Memang memiliki usaha di bidang kuliner tidak bisa lepas dari beberapa faktor di atas sehingga menurut kami jika anda ingin sukses di bidang usaha kuliner, berikan yang terbaik untuk pelanggan anda.

Berikut beberapa faktor penyebab Rumah Makan Anda Sepi Pelanggan

1. Cita Rasa Makanan
Rasa merupakan pokok utama dari sebuah rumah makan. Dengan berani membuka rumah makan berarti Anda berani menyuguhkan menu yang memiliki cita rasa yang enak. Walaupun rasa tidak bisa memanjakan semua orang, minimal cita rasa menu Anda bisa dinikmati kebanyakan orang sehingga rumah makan Anda akan lebih banyak dikunjungi penikmat kuliner. Jika rumah makan yang Anda tekuni saat ini terasa sepi, coba anda cicipi lagi rasa dari menu makanan yang Anda sajikan. Dalam hal ini posisikan Anda sebagain konsumen yang sedang makan di warung makan Anda sendiri. Selanjutnya carilah kesimpulan tentang rasa, apabila memang ada yang kurang segera sempurnakan, belajar lagi untuk mendapatkan rasa yang pas dan sesuai keinginan konsumen.

2. Harga Makanan
Untuk memberikan harga yang murah terhadap menu yang Anda jual untuk saat ini memang sangat sulit, mengingat harga harga bahan pokok nya pun sudah tidak murah lagi alias MAHAL. Tetapi dalam hal ini Anda dapat mensiasati dengan prinsip HARGA SEBANDING sebagai contoh jika Anda menyajikan menu yang spesial dengan rasa yang ENAK maka Anda dapat mematok harga yang rlatif tinggi namun masih sesuai dengan kantong pelanggan jadi harga yang sedikit mahal itu sebanding dengan cita rasa yang di sajikan maka disini pelanggan tidak akan kecewa. Atau bisa juga Anda dengan bermain di porsi makanan, dengan memberi porsi yang lebih banyak dan harga yang sedikit mahal namum masih dalam batas wajar, hal ini juga bisa Anda terapkan dalam usaha rumah makan yang Anda kelola. Atau Anda bisa gabungkan keduanya antara citarasa yang enak dengan porsi yang banyak itu akan lebih AJIB lagi.
Dari beberapa rumah makan yang selalu ramai dikunjung tidak terlepas dari tiga hal utama yaitu ENAK, BANYAK, MURAH, Silahkan Anda buktikan sendiri.

3. Pelayanan
Dalam dunia kuliner pelayanan ini dibagi menjadi dua bagian pokok yaitu pelayanan ketika pelanggan datang sampai menawarkan MENU kedua pelayanan penyajian yaitu ketika selepas menu di pesan sampai menu di sajikan itu tidak menunggu waktu yang lama.

Pelayanan Penyambutan
Umumnya dalam dunia usaha apapun itu semua pengusaha harus memegang prisip PELANGAN ADALAH RAJA. Jika pelanggan adalah raja maka Anda adalah pelayan dan tugas pelayan itu semestinya melayani dengan sebaik mungkin agar si raja merasa puas dengan pelayanan Anda.

Pelayanan Penyajian
Mungkin lebih tepatnya pelayanan penyajian menu pesanan. Setiap orang yang datang ketempat Anda adalah orang yang lapar dan ingin menikmati menu masakan Anda. Orang yang lapar biasanya bawaannya emosi jika pesanannya tidak kunjung datang, untuk meredamnya adalah dengan berusaha secepat mungkin menyajikan menu makanan yang telah dipesan pelanggan supaya mereka senang dengan pelayanan Anda.

Jika Anda dapat mengoptimalkan kedua jenis pelayanan ini maka bukan tidak mungkin pelanggan Anda akan menjadi media iklan gratis untuk Anda. Pelanggan Anda akan menceritakan pengalaman makan di rumah makan Anda kepada keluarga, kerabat atau teman temannya dan merekomendasikan rumah makan Anda sebagai tempat kuliner terbaik. Begitu juga jika pelayanan Anda kepada pelanggan mengecewakan maka mereka akan bercerita hal buruk juga mengenai rumah makan Anda. Tergantung mau dibawa kemana bisnis usaha rumah makan Anda, Anda sendiri yang menentukan!!

4. Papan Nama Kurang Menarik
Papan Nama merupakan media promosi pertama untuk rumah makan Anda. Sebelum seorang calon pelanggan memutuskan untuk memasuki rumah makan Anda biasanya mereka melihat dulu papan nama rumah makan Anda, apakah ada menu yang menarik atau tidak. Untuk itu media ujung tombak ini haruslah dibuat semenarik mungkin sehingga menggugah selera bagi siapa saja yang melihatnya. Jika Anda membuat papan nama hanya alakadarnya maka calon pelanggan akan ragu akan kualitas dari menu masakan yang Anda sajikan. Untuk itu cobalah membuat papan nama sebaik mungkin kalau bisa membuat papan nama yang unik supaya mudah diingat.

5. Lahan Parkir Yang Sempit
Membuka rumah makan di tempat yang ramai adalah bagus namum ketika ditempat ramai tersebut tidak memiliki lahan parkir atau lahan parkirnya sempit maka ini akan menjadi masalah besar buat Anda. Dengan parkir disembarang tempat tentu akan mengganggu penguna jalan lainnya. Calon pelanggan pun akan berfikir ulang untuk singgah dirumah makan Anda jika rumah makan Anda tersebut tidak memiliki lahan parkir yang cukup. Untuk itu jika Anda ingin membuka rumah makan maka yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastika ketersediaan lahan parkir yang cukup. Hal ini cukup beralasan karen biasanya setiap pengunjung yang singgah ke rumah makan Anda pasti membawa kendaraan baik itu roda dua ataupun roda empat.

6. Tidak Menjaga Kebersihan
Salah satu problem dari usaha rumah makan adalah masalah kebersihan, baik kebersihan tempat masak ataupun kebersihan di tempat makan. Rumah makan yang tidak bersih akan menimbulkan banyak masalah salah satunya adalah akan mengundang banyak lalat.
Lalat yang datang tidak hanya mengerubutin sisa makanan akan tetapi juga mengerubutin makanan yang disajikan ke pelanggan, jika demikian makanan yang seharusnya sehat untuk dikonsumsi malah akan sebaliknya karena lalat itu sendiri menyebarkan bibit bibit penyakit.

Selain tidak sehat, ruamah makan yang tidak dapat menjaga kebersihan akan terlihat kumuh dan kotor. Tidak semua pelanggan bisa menyantap menu makanan dengan rapih dan menjaga mejanya tidak kotor. Banyak pelanggan yang menyantap makanan dengan menyisakan bekas yang berantakan sisa makanan dimana mana sehingga meja menjadi kotor. Jika hal demikian tidak cepat di bersihkan sebelum pelanggan baru datang maka akan mengurangi selera makan bagi pelanggan yang baru datang. Bahkan bukan hal tidak mungkin mereka membatlkan pesanan dan beralih memilih tempat makan lain yang lebih terjaga kebersihannya.

Enam poin diatas hanyalah sebagian dari banyak poin yang bisa menyebabkan rumah makan Anda sepi pelanggan. Tetapi dengan menjaga enam poin tersebut maka Anda akan dapat meraih pelanggan banyak. Semoga Artikel sederhana ini dapat bermanfaat bagi pelaku bisnis usaha rumah makan dan menjadi inspirasi wirausaha Anda. Salam sukses bagi Anda semua pembaca setia Tabloidwirausaha.com

Article Source : Dirangkum dari berbagai Sumber 
Image Source : fullerena.blogspot.co.id

Post a Comment

Powered by Blogger.