Brand Image
Tabloidwirausaha.com - Inspirasi wirausaha Anda | Membangun Merek merupakan aspek integral dari pembangunan pribadi dan bisnis. Ini tidak hanya meningkatkan suara dan konsumen akan kesadaran merek, tetapi juga memberikan identitas dan kelayakan Anda. Munculnya platform partisipatif dan interaktif telah memberikan banyak kesempatan bisnis untuk meningkatkan kesadaran merek dan ekuitas. Jika Anda telah berpikir untuk membangun merek pribadi atau bisnis, maka penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa membangun merek membutuhkan banyak waktu dan sumber daya. Pada bagian selanjutnya, kita akan mendefinisikan membangun merek dan juga melihat berbagai jenis merek dan langkah-langkah untuk membuat merek yang sukses.
 
Apa itu Membangun Merek?

Tidak ada satu definisi yang benar-benar menangkap esensi dari membangun merek secara keseluruhan. Banyak orang berpikir bahwa membangun merek adalah semua tentang berkomunikasi dan mengekspos merek Anda. Itu hanyalah salah satu sisi dari membangun merek. Cara terbaik kita dapat mendefinisikan hal tersebut adalah bahwa itu sebuah proses dalam rengka menciptakan nilai kepada konsumen. Ini meliputi segala sesuatu yang konsumen tahu, rasakan, dan pengalaman tentang bisnis Anda secara keseluruhan.

Membangun merek didefinisikan, kedalam 3 jenis merek yang populer dan apa yang pebisnis  perjuangkan.
Service brand: Merek ini dibangun di atas pengetahuan, budaya, dan pengalaman yang satu memiliki dengan layanan pengiriman instansi / perusahaan / perorangan.
Retail brand: Merek ini dibangun di atas campuran produk dan layanan pengalaman. Seperti Mc D atau KFC.
Product brand: Merek ini dibangun pada pengalaman produk tertentu. Seeprti Nike, Ford, atau Sony.
Setelah melihat 3 jenis merek populer, sekarang kita akan melanjutkan untuk melihat langkah-langkah apa saja yang terlibat dalam membangun Merek.

Tentukan Merek Anda

Tahap pertama dalam membangun merek adalah mendefinisikan merek Anda. Ini adalah langkah yang sangat penting karena pada akhirnya menentukan merek Anda benar-benar berdiri. Ketika mendefinisikan merek bisnis Anda, Anda harus membuat daftar dari kekuatan intinya. Demikian pula, jika Anda mendefinisikan merek pribadi, Anda harus melihat pada keterampilan dan keahlian yang Anda miliki terutama mereka yang menonjol. Pada cara yang sama, Anda juga perlu tahu apa singkatan merek Anda dan apa yang penting bagi merek Anda (nilai-nilai merek). nilai-nilai Anda harus dalam satu cara atau acara lain yang Anda berkontribusi untuk lingkungan, sosial, dan kesejahteraan ekonomi konsumen. Anda mungkin tidak menyadari beberapa aspek-aspek penting dari membangun merek, sampai Anda melihatnya secara objektif.   

Membuat Beda Posisi Merek Anda

Sebelum memulai membangun merek, Anda harus mengambil waktu untuk membedakannya sehingga Anda dapat menarik perhatian dan dapat keluar dari persaingan. Untuk membedakan merek Anda, Anda harus membuat keuntungan yang unik di benak konsumen tidak hanya mendapatkan perhatian oleh warna membangun merek atau logo atau elemen dangkal lainnya. Setelah Anda datang dengan proposisi nilai yang unik, Anda harus menggunakan strategi branding yang baik untuk posisi merek Anda dengan cara yang akan membantu konsumen melihat dan menghargai nilai lebih besar dari merek Anda  yang bersaing di pasaran.

Bangun dan Paparan Merek Anda

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, membangun merek adalah tidak hanya satu hal. Membangun merek pribadi atau bisnis yang unik dan kuat membutuhkan waktu dan konsistensi. Untuk membangun merek pribadi Anda, Anda harus tetap memperkuat nilai-nilai dan keterampilan dengan mengambil peran baru dan tugas yang akan memberikan Anda lebih banyak eksposur. Atau, Anda dapat menggunakan saluran promosi, blog, forum, dan media sosial (LinkedIn, Instagram, Twitter dan Facebook) untuk membuat suara dan merek pribadi atau bisnis Anda.
Ketika membangun merek, Anda juga harus berusaha untuk mengembangkan kepribadian merek (apa yang orang tahu, berpikir, dan katakan tentang Anda). Ini adalah apa yang mendorong atau memotivasi orang untuk mengidentifikasi dengan cara terlibat langsung dengan merek Anda. Yang benar adalah; jika Anda menjalankan strategi membangun merek secara konsisten, maka Anda akan dengan mudah membentuk pola yang akan selamanya dikaitkan dengan nama merek Anda.

Personalisasi Merek Anda

Jika Anda ingin mempromosikan merek Anda atau merek Anda menjadi sukses, maka Anda harus personalisasi. Hal ini penting untuk memberikan Identitas pada merek Anda. Biarkan konsumen melihat dan merasakan kepribadian merek Anda secara keseluruhan. Lihatlah merek Anda sebagai sesuatu yang konsumen ingin identifikasi dengan cara mereka seperti dengan mobil tablet favorit, ponsel, atau komputer mereka.

Ketika Anda terlibat dalam membangun merek, Anda juga harus mengundang pelanggan untuk menjadi pencipta nilai merek sehingga mereka dapat merasakan bahwa mereka juga memiliki dan berhubungan dengan merek Anda. merek akan mendorong interaksi konsumen dengan personalisasi produk untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen. Ketika Anda mempersonalisasi merek Anda, Anda memberikan alasan untuk berpartisipasi dan terlibat dengan merek Anda untuk seumur hidup konsumen.

Tinjau Merek Anda

Merek Anda tidak statis; Tergantung strategi merek Anda, merek Anda baik akan tumbuh dalam kekuatan, atau tetap aktif, atau surut seiring dengan waktu. Pada siklus merek, peristiwa baru, perubahan, dan keadaan membawa tantangan dan peluang untuk meningkatkan nilai merek Anda atau membangun kembali itu. Semua kemungkinan ini harus memberikan dorongan untuk mengambil alih kegiatan membangun merek Anda.

Cara terbaik untuk memastikan pertumbuhan merek adalah meninjau kegiatan Anda dan mengevaluasi keberhasilan Anda melalui metrik seperti tingkat kesadaran merek dan tingkat keterlibatan. Ulasan teratur akan membantu Anda merebut dan memanfaatkan peluang baru saat menegakkan komitmen Anda untuk tetap setia pada visi dan strategi merek. Ini juga akan membantu Anda mengarahkan merek Anda ke arah yang benar dan tetap relevan saat Anda bergerak ke masa depan.
 
Seperti yang Anda lihat, membangun merek adalah tidak hanya satu hal. Anda harus mendefinisikan merek Anda, membedakan, hadir, dan meninjau apa merek Anda dari waktu ke waktu. Hal ini sangat penting untuk menjadi jelas tentang strategi branding dan bagaimana Anda akan menerapkannya. Anda juga harus mengadopsi strategi merek yang akan menambah nilai kepada konsumen dan membantu mereka mengembangkan kesan yang tepat dari perusahaan Anda dan apa yang benar-benar memperkuat merek Anda.

Selamat mencoba!!! 


Image Source : freeepik.com
Article Source : http://www.coxblue.com

Post a Comment

  1. terimakasih atas info yang sangat menarik ini dan untuk
    referensi silahkan kunjungi http://wirausaha.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.