Berita Terkini :
Home » , , , , » Memanfaatkan Teknologi Digital

Memanfaatkan Teknologi Digital

Written By wira usaha on 20 August 2017 | 3:20 PM


Apakah Anda memiliki usaha nyata seperti perniagaan, jasa, kuliner, distro atau yang lainnya? Bagaimana cara Anda meningkatkan omset penjualan Anda? Apakah Anda sudah Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan konversi penjualan Anda? Jika belum maka sekaranglah saatnya Amda memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan usaha yang Anda jalani.

Hampir semua orang mengenal yang namanya Medsos “Media Sosial” seperti Facebook, twitter, Instagram dan lain sebagainya, dan tidak hanya mengenal tapi banyak dari masyarakat Indonesia yang memiliki akun tersebut sehingga hampir setiap saat online di akun tersebut, mulai dari share status sampai ngobrol dengan teman-teman dunia maya nya. Nyaris setiap saat Update status kemudian di share ke ratusan bahkan ribuan follower nya. 

Kalau kita mau sedikit jeli maka medsos tersebut bisa menjadi niche market yang sangat menjanjikan apalagi bagi yang memiliki follower diatas 100 – 1. Coba Anda perhatikan, ketika Anda men-share status unik Anda, berapa orang yang commend terhadap status Anda tersebut? Jika setiap status yang Anda kirim kemudian mendapat banyak respon dari follower Anda maka Anda dapat menawarkan sesuatu kepada publik melalui Akun medsos Anda tersebut, dan kemungkinan di respon oleh follower Anda akan besar juga sebesar ketika merespon stasus Anda. 

Banyak diantara pemilik akun medsos yang belum menyadari kalau medsos bisa menjadi pasar yang potensial untuk promosi produk yang dipasarkan. Atau mungkin juga sudah tahu namun tidak faham bagaimana mengoptimalkannya. Pada kesempatan berikutnya akan kami sampaikan bagaiamana meng-optimalkan media sosial untuk kegiatan e-commerce. Untuk saat ini kami hanya memberikan gambaran bahwa media sosial dapat dijadikan sebagai Niche Market yang potensial untuk memajukan usaha Anda.

Sebetulnya tidak hanya medsos saja yang dapat dijadikan sebagai media E-Commerce, namun media online lainya juga seperti Website, Blogger, e-email, e-zine dan lain sebagainya juga dapat dijadikan media promosi usaha yang Anda jalani. Dengan kemajuan teknologi ini sangat membantu sekali untuk kegiatan e-commerce saat ini. Ada beberapa keuntungan maksimal yang akan Anda dapatkan jika Anda menguasai teknologi e-commerce ini diantaranya:

1. Niche Market “Ceruk Pasar” lebih luas
Jangkauan yang sangat luas bukan hanya sekala regional saja melainkan nasional bahkan internasional dapat terjangkau. 

2. Promosi cepat menyebar.
Jika Anda melakukan promosi dari produk Anda saat ini maka pada hari yang sama pemirsa di berbagai daerah atau belahan dunia akan menerima promosi Anda tersebut.

3. Kalimat promosi tidak terbatas
Jika Anda pernah melakukan promosi usaha dalam sebuah media konvensional seperti surat kabar, maka akan dibatasi perkarakter karena terbatas dengan kolom dan iklan orang lain, sehingga penyampaian kalimat promosi harus betul-betul harus singkat jelas dan padat, sehingga kadang penerima pesan tidak mengerti apa yang dipromosikan tersebut. Dimedia digital promosi Anda tidak terbatas lagi, Anda dapat membuat iklan pemasaran sesuai dengan keinginan Anda ditambah dengan picture pendukung sehingga pesan promosi lebih tersampaikan dengan optimal.

4. Promosi lebih terarah
Jika Anda berpromosi di media konvensional seperti surat kabar, billboard, famplet, radio, televisi dan media konvesional lainnya, iklan yang Anda tayangkan tersebut akan mengena kepada siapa saja yang menyaksikannya sekalipun yang melihat tidak memiliki kepentingan terhadap iklan Anda. Sebagai contoh Anda menayangkan iklan otomotif pada sebuah media cetak seperti surat kabar, maka kemungkinan iklan Anda akan dilihat oleh orang yang perlu dengan yang tidak perlu terhadap iklan Anda tersebut. Dengan demikian Iklan yang Anda tayangkan menjadi kurang optimal, karena dibaca oleh orang yang tidak memiliki kepentingan dengan iklan yang Anda tayangkan. 

Berbeda dengan iklan yang ditampilakan di media internet, Anda dapat mengarahkan tayangan iklan Anda kepada orang yang lebih tepat, contohnya tadi ketika Anda ingin menayangkan sebuah iklan tentang Otomotif maka Anda dapat menaruh iklan tersebut di gruop pecinta otomotif misalnya atau website-website yang menayangkan berita otomotif maka dengan demikian iklan yang Anda tayangkan menjadi lebih optimal karena iklan Anda akan terbaca oleh orang-orang yang memiliki keinginan yang sama yaitu otomotif. 


5. Biaya Promosi lebih rendah
Berapa dana yang harus Anda keluarkan jika Anda berpromosi di sebuah media konvensional seperti Surat Kabar atau televisi dan media lainnya? Tentu ini akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, pada media surat kabar biasanya dihitung dalam bentuk perkarakter, warna, besarnya kolom yang terpakai dan edisi, semakin banyak karakter, warna full color, kolom yang terpakai besar dan edisi yang dipakai muat iklan berkesinambungan maka tentu ini akan membutuhkan biaya yang sangat besar, begitu pula dengan media televisi, biasanya disesuaikan dengan rating acara dan jam tayang, semakin tinggi rating acara dan jam tanyang yang dianggap bagus maka biaya iklan akan semakin besar. 

Di media Online, dana yang diperlukan untuk sebuah promosi terhitung sangat murah atau bahkan bisa gratis, namun dengan jangkauan iklan yang optimal. Anda dapat memajang iklan sesuai dengan kemampuan Finansial Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup dana untuk promosi berbayar, Anda dapat berpromosi gratis di grup-grup yang sesuai dengan iklan yang akan Anda tanyangkan, walaupun gratis namun tidak mengurangi kualitsa penyebaran dari iklan yang Anda tayangkan tersebut.

Masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang didapat dari memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usaha yang Anda jalani. Semoga penjelasan singkat ini dapat menginspirasi Anda dan lebih bersemagat dalam menjalankan wirausaha Anda. Salam Sukses dan Tetap Semangat!!!
Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger