Berita Terkini :
Home » , , » Mengatasi kejenuhan dalam wirausaha

Mengatasi kejenuhan dalam wirausaha

Written By wira usaha on 23 August 2017 | 2:41 PM

Mengatasi kejenuhan dalam berwirausaha
Tabloidwirausaha –Inspirasi wirausaha Anda | Setiap rutinitas pasti mengundang rasa jenuh, malas dan berbagai kepenatan lainnya. Tidak terkecuali dalam berwirausaha, rasa jenuh, stress dan malas selalu mengintai dan datang secara tiba-tiba. Banyak faktor yang menimbulkan rasa tersebut baik faktor internal seperti usaha yang belum membuahkan hasil, cara-cara yang selalu gagal dan sebagainya ataupun faktor eksternal seperti adanya konflik dengan custemer, karyawan yang sulit diatur dan lain-lain.

Hal ini menjadi wajar dan biasa dalam melakukan sebuah usaha, sandungan sandungan yang menyebabkan kemalasan dan kejenuhan itu akan selalu ada. Namun demikian sebagai seorang wirausahawan hal tersebut semestinya tidak boleh menjadi pelemah semangat dalam mengejar impian namun justru harus menjadi sebaliknya. Lalu bagaimanakah tips-tips nya dalam mengatasi kejenuhan dalam berwirausaha.

Dalam kesempatan ini kami share kepada Anda tips-tips sederhana dalam mengatasi kejenuhan dalam berwirausaha.

1. Fokuskan kepada tujuan
Jenuh dalam rutinitas akan menyebabkan kehilangan fokus terhadap tujuan awal. Sebagai contoh, ketika Anda sedang merintis sebuah usaha jualan barang elektronik dan disamping usaha Anda ada orang yang membuka rumah makan sederhana yang kebetulan ramai sekali pengunjung, sedangkan jualan barang elektronik Anda sepi pengunjung. Dari sini biasanya akan kehilangan fokus Anda dan ingin beralih mengikuti jejak pedagang sebelah yaitu membuka rumah makan sederhana, padahal kalaupun Anda beralih maka belum tentu akan seramai pedagang sebelah Anda.

Untuk itu jangan mudah tergoda dengan pandangan sesaat karena itu belum tentu baik buat Anda, namun fokuslah kepada apa yang Anda hadapi saat ini dengan terus mencari ide untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.


2. Menata kembali Usaha Anda.
Ada banyak hal yang harus Anda atur ulang dalam menjalankan usaha, Anda dapat memulainya dari diri Anda sendiri. Seperti berangkat lebih awal, atau merapihkan tempat kerja Anda menyusun fileing dan dan lain sebagainya. Dengan menata kembali usaha Anda itu akan menimbulkan semangat baru dalam jiwa Anda dan biasanya akan menimbulkan ide-ide segar untuk memajukan usaha Anda.

3. Menjaga fikiran selalu bersikap positif.
Fikiran merupakan sumber utama dari ide-ide kreatif Anda. Menjaga fikiran agar tetap jernih dan bisa berfikir positif adalah sebuah keharusan. Jangan mudah terpengaruh dengan pemikiran negatif baik itu dari luar ataupun dari dalam diri Anda sendiri. Ide – ide kreatif akan selalu muncul dari pemikiran positif, maka dari itu jagalah fikiran Anda. Salah satu tips untuk menjadikan fikiran selalu tetap positif adalah dengan berkonsentrasi terhadap tujuan utama dan membaca kisah kisah inspiratif dari orang -orang yang telah lebih dulu sukses dari Anda.

4. Lakukan Sekarang.
Jika Anda memiliki ide kreatif yang bisa langsung di implementasikan maka lakukanlah saat itu juga jangan menunggu besok, besok dan besok yang akhirnya ide Anda tidak tersalurkan. Konsep lakukan sekarang itu akan menambah gairah dan semangat Anda dalam berwirausaha. Semakin Anda menunda – nunda maka Akan semakin malas Anda menjalankan wirausaha.

5. Berdoa
Jangan abaikan yang satu ini, Anda sebagai makhluk Tuhan tentu memiliki keterkaitan yang sangat spesial Antara makhluk dengan Tuhannya. Dari sekian banyak cara akan bermuara pada satu titik yaitu kehendak Tuhan. Do’a adalah penguat sekaligus menjadi pemicu sebuah harapan dari segala rangkaian  usaha yang telah Anda lakukan. Berdoa dilakuakan tidak hanya ketika Anda telah selesai melakuakan usaha, namun hendaknya do’a selalu Anda lakuakan setiap saat ketika Anda sedang melakukan usaha Anda. Sebuah doa yang Anda panjatkan akan menimbulkan ketenangan dan kekuatan didalam jiwa, karena Anda telah menyerahkan semua urusan yang telah Anda lakukan kepada yang Makah kuat. Percayalah Tuhan tidak akan menyia-nyiakan do’a Anda dan usaha yang telah Anda lakukan.


Semoga tips sederhana ini dapat menjadi penyemangat kembali dalam berwirausaha Anda, semoga apa yang Anda usahakan dan cita-citakan dapat tercapai sesusai dengan harapan. 

Image Source : http://solusik.com
Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger