Kenapa Anda Wajib Mendigitalisasi Usaha?
Tabloidwirausaha – Inspirasi WirausahaAnda | memajukan sebuh usaha memang bukanlah hal yang mudah. Banyak diantara pengusaha yang gulung tikar dikarenakan tidak mampu dalam mempertahankan eksistensinya. Menjaga brand dan meningkatkan visibilitas merupakan hal mutlak yang harus di usahakan jika seseorang mengingikan usahanya maju dan berkembang. Ada sebuah angka yang cukup besar untuk mempertahankan kedua hal tesebut. 

Dengan semakin maju nya zaman sampai pada tahap sekarang ini, sebetulnya sangat menguntungkan sekali bagi pengusaha yang ingin usahanya dapat dilihat oleh orang lain diseluruh dunia namun dengan biaya yang sangat rendah, yaitu dengan mendigitalisasi usaha Anda. Apa itu mendigitalisasi?  

Menurut Wikipedia : Digitalisasi informasi adalah proses mengubah berbagai informasi, kabar, atau berita dari format analog menjadi format digital sehingga lebih mudah untuk diproduksi, disimpan, dikelola, dan didistribusikan. Informasi yang digitalisasi dapat disajikan dalam bentuk teks, angka, audio, visual, yang berisi tentang ideologi, sosial, kesehatan dan bisnis.

 
Kembali kepada mendigitalisasi bisnis, banyak keuntungan yang akan didapat dari proses digitalisasi tersebut seperti :
1.    Mudah untuk dicari, ditelusuri, diakses dan digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
2.    Mudah untuk diproduksi, dikirim, diterima, disaring, diperbaharui berdasarkan kemampuan pengguna.
3.    Format penulisan dan isi pesan yang dikirim sama dengan format penulisan dan isi pesan yang diterima.
4.    Tidak terhambat oleh jarak yang jauh, perbedaan bahasa dan perbedaan waktu.
5.    Pengiriman dan penerimaan pesan sangat cepat dan murah.
6.    Mudah untuk disimpan dan diolah sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar.
7.    Mudah diaplikasikan dalam berbagai media karena format isi dari informasi digital akan sama, antara device yang satu dengan device yang lainnya.

Dengan melihat keuntungan keuntungan yang diperoleh dari proses digitalisasi Usaha maka tidak ada alasan lagi untuk menunda nunda hal tesebut. Dari beberapa keuntungan diatas juga memiliki efek positif yaitu:

1.    Menciptakan masyarakat informasi. Dengan adanya informasi digital, masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan sehingga masyarakat informasi semakin bertumbuh. Masyarakat juga dapat memilih dan menyaring berbagai informasi yang dibutuhkan karena informasi digital dapat didistribusikan secara luas.

2.    Memajukan dunia bisnis. Data mengenai pelanggan dan karyawan, data mengenai kemajuan perusahaan, dan data mengenai rencana kerja perusahaan akan lebih mudah untuk disimpan dan disebarluaskan jika disajikan dalam format digital. Informasi digital akan memudahkan masyarakat dalam menjalankan bisnis, khususnya dengan menggunakan telepon genggam yang berbasis internet.

3.    Menumbuhkan industri kreatif. Dengan adanya digitalisasi informasi, masyarakat menjadi lebih kreatif dalam berkomunikasi dengan memproduksi berbagai informasi yang unik dan menarik serta memiliki nilai jual tinggi seperti membuat video atau foto hasil editing yang kreatif dengan menggunakan software tertentu yang dikelola secara digital, baik melalui telepon genggam maupun komputer.

Selamat mendigitalisasi usaha Anda, semoga penjelasan singkat ini dapat memberikan Inspirasi dalam Wirausaha Anda.

Salam sukses dan TETAP SEMANGAT!!!
Artikel Source : wikipedia


Post a Comment

Powered by Blogger.