Berita Terkini :
Home » , , » Peluang Usaha Seblak Bandung

Peluang Usaha Seblak Bandung

Written By wira usaha on 04 September 2017 | 2:18 PM

Seblak Bandung
Tabloidwirausaha – Inspirasi Wirausaha Anada | Seblak..... siapa yang tidak kenal kudapan yang satu ini, seblak merupakan salah satu makanan khas dari kota kembang, makanan ini hampir sama dengan makanan kuah sejenisnya seperti mie rebus, kwetiaw, kudapan yang satu ini terkenal dengan rasa yang gurih dan pedas, meskipun soal kepedasan bisa diatur sesuai selera yang diinginkan.

Dengan berjalanya waktu, kudapan ini tidak hanya terkenal didaerah asalnya saja melainakn sudah banyak dikenalkan di luar kota bandung, seperti di Bekasi, Bogor, Jakarta dan sekitarnya. Tidak sedikit orang yang mencoba keberuntungannya membuka usaha Seblak Bandung ini, selain rasanya yang enak, bahan-bahan yang mudah didapat serta harganya yang terjangkau seblak juga tidak terlalu sulit dalam membuatnya.  

Kuliner Seblak ini sangat banyak peminatnya mulai dari kalangan anak muda sampai orang tua biasanya lebih banyak disukai oleh anak-anak sekolahan memiliki rasa yang gurih dan pedas. Usaha Seblak ini juga sangat mudah dipasarkan Anda bisa membukanya dirumah apabila tertarik dengan usaha ini silahkan simak ulasannya berikut ini.




Bagaimana Cara Membuat Seblak Bandung?

Seperti yang telah kemukakan diatas untuk membuat seblak cukup mudah dan bahan-bahannya mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau, berikut ini kami sampaikan cara membuat Seblak Bandung: 


Bahan bahan :
- 100 gram kerupuk udang yang sudah direbus (warna orange atau putih).
- 2 buah sosis.
- 2 butir pentol bakso kecil.
- 2 butir telur ayam.
- Makaroni yang telah direbus
- kwetiau secukupnya
- Minyak goreng secukupnya.
- Kol secukupnya atau sawi.

Bumbu - bumbu
- Cabai rawit dan cabai merah sesuai selera kepedasannya.

- 1 ruas kencur,
- 4 siung bawang merah,
- 2 siung bawang putih,
- Garam dan gula secukupnya.


Setelah bahan-bahan diatas sudah terkumpul, kemudian lanjut ke cara pengolahannya sebagai berikut:

- Rebus kerupuk udang hingga tekstur nya lentur, setelah itu angkat tiriskan.
- Rebus makaroni kering hingga teksturnya lembut (jangan sampai hancur), atau Anda dapat merendamnya dengan Air Panas beberapa saat, setelah lembut angkat dan tiriskan.
- Haluskan bumbu-bumbu yang telah disediakan seperti bawang merah, bawang putih, kencur, kencur dan cabai. Untuk bumbu-bumbu jika Anda tidak ingin repot menghaluskan, Anda dapat membeli bumbu yang sudah dihaluskan dipasar tradisional biasanya sudah banyak tersedia.
- Panaskan minyak goreng kemudian masukkan telur lalu aduk-aduk sampai telur hancur.
- Masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi tumis bersama dengan telur sampai bumbu harum.
- Masukkan kerupuk, Kwetiau, Makaroni yang telah direbus,
- Masukan Irisan baso, sosis, dan daun kol atau sawi campurkan lalu tambahkan sedikit air.
- Tambahkan gula, garam, secukupnya tunggu sampai air terlihat mendidih.
- Seblak siap dihidangkan.

*Contoh Menu diatas untuk 2 Porsi saja

Tips Sukses Usaha Seblak Bandung

Seblak Bandung merupakan salah satu kudapan khas yang sebetulnya didaerah asalnya sendiri sudah terkenal, namun demikian jika Anda ingin merintis usaha ini ditempat lain maka perlu melakuakan usaha untuk memperkenalkan kudapan ini agar dikenal oleh pecinta kuliner. Berikut beberapa tips jika Anda tertarik dan ingin memulai usaha Seblak Bandung ini.

1. Memilih Lokasi yang strategis

Ini merupakan hal standar dan mendasar dalam merintis usaha apapun, memilih lokasi yang pas dan strategis merupakan hal yang pertama dilakukan. Karena kuliner yang satu ini lebih banyak disukai kalangan anak-anak sekolah, alternatif pertama akan lebih baik jika Anda memilih tempat disekitar area yang dekat dengan sekolahan, baik SD, SMP ataupun SMU. Alternatif kedua jika tidak mendapatkan tempat diarea sekolahan, Anda bisa mencari tempat yang biasa dikunjungi orang banyak atau keramaian, dengan harapan setiap orang yang berkunjung dapat melihat usaha Anda tersebut. Alternatif ketiga Anda dapat memilih lokasi yang khusu berjualan aneka kuliner seperti food court, setiap orang yang berkunjung ke tempat tersebut bisa dipastikan lebih banyak mencari kuliner sehingga kesempatan bagi Anda untuk mendapat pelanggan disini lebih besar lagi.  


2. Berinovasi dalam rasa dan nama.

Dari beberapa pedagang seblak yang pernah kami temui, pemilik usaha banyak yang berinovasi dalam hal rasa dan nama, seperti yang pernah kami temui, dengan nama SEBLAK BANDUNG, SEBLAK JELETOT dan SEBLAK CEKER. Jika Anda ingin berinovasi dalam ha rasa, di internet cukup banyak resep seblak yang bisa Anda coba, atau Anda dapat membuat produk inovasi sendiri itu lebih baik sehingga produk Anda memiliki ciri khas tersendiri.  Apa Inovasi Anda?

4. Menerima Pesanan atau pesan antar

Sudah banyak pengusaha kuliner yang mencantumkan promonya dengan menerima pesanan atau pesan Antar. Pada acara acara tertentu seperti khitan, walimahan, bahkan seminar biasanya suka menyediakan break dengan menu kudapan, atau di walimah nikah sohibul bait suka menyediakn gubuk kuliner, jika Anda sudah dapat masuk ke acara seperti ini maka peluang kuliner anda terkenal itu lebih besar.

Adapun menerima pesan antar dapat ditujukan kepada para pelanggan yang malas keluar rumah, dan ini dapat Anda manfaatkan juga sebagai sebuah peluang meraih keuntungan tambahan karena tentunya yang membeli dengan datang sendiri dengan yang pesanannya di antar itu memiliki harga yang berbeda sebagai jasa ongkos kirim.

5. Franchais
Point kelima ini bisa Anda lakukan jika produk Anda sudah dikenal dimasyarakat. Franchais memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah pasar Anda bisa semakin luas dan terkenal.


Demikian info peluang usaha seblak bandung semoga dapat menjadi Inspirasi wirausaha Anda. Salam Sukses dan TETAP SEMANGAT!!!

Image Source : amifasulaiman.wordpress.com


Bagikan Postingan :
DMCA.com Protection Status

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014-2016. Inspirasi Wirausaha dan kumpulan Peluang Usaha - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger