Kuliner Ciri Khas
Tabloidwirausaha – Inspirasi WirausahaAnda | Setiap daerah Indonesia tentu memiliki ciri khas, baik dalam bentuk kuliner, souvenir, tempat wisata atau bentuk oleh oleh lainnya. Indonesia kaya akan budaya dan ciri khas setiap daerah, bahkan dalam satu daerah memiliki lebih dari satu ciri khas. Seperti hal nya salah satu kota di Jawa Barat, Bandung misalnya, Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yeng miliki banyak Khas terutama dalam kuliner seperti, Siomay Bandung, Seblak Bandung, Sorabi Bandung, Bandros Bandung (sejenis kue pancong) dan masih banyak lagi yang lainnya. Walapun kuliner khas tersebut ada di setiap daerah di Jawa Barat namun yang paling terkenal yaitu dari Bandung. Namun demikian tentu cita rasanya akan sedikit berbeda antara daerah yang satu dengan yang lainnya, untuk itu tidak mengapa memperkenalkan khas daerah dengan nama depan yang sama. Selain memperkenalkan kuliner juga sekaligus memperkenalkan daerah tempat Anda Tinggal. 

Salah satu contoh yang memiliki nama yang sama dari Jawa Barat yaitu Tahu. Tahu yang pertamakali paling di kenal adalah tahu sumedang, namun demikian Bandung juga memiliki Tahu yaitu Tahu Susu dari daerah lembang. Namanya sama-sama tahu namun cita rasanya berbeda tetapi tetap enak dan keduanya banyak diminati. 
 
Sekarang apa yang menjadi ciri khas daerah Anda? Jangan takut untuk memperkenalkan nya ke khalayak, bisa jadi dari tangan Anda lah ciri khas daerah Anda menjadi terangkat dan terkenal. Seperti disebutkan diatas bahwa ciri khas itu tidak harus kuliner, bisa dalam bentuk yang lain. Namun demikian memang yang paling banyak diangkat dalam ciri khsa suatu daerah adalah kuliner nya. Bisa jadi karena kuliner merupakan yang paling mudah dalam pengolahannya dan tidak memerlukan biaya tinggi. 

Berikut beberapa contoh makanan khas daerah yang sudah terkenal.

1. Bika Ambon
Walaupun namanya Bika Ambon, makanan ini bukanlah berasal dari Ambon. Kue Bika Ambon berasal dari Medan, Sumatera Utara. Kue ini memiliki ciri khas, yaitu terdapat pori pori di permukaannya dan bertekstur kenyal bewarna kuning. Kue Bika Ambon menjadi oleh-oleh khas dari Medan.

2. Mie Aceh
Ya sesuai dengan namanya kudapan yang satu ini berasal dari daerah Aceh. Dengan berbahan dasar berasal dari mie kuning tebal dengan diirisi daging sapi, daging kambing ataupun makanan laut seperti udang dan cumi-cumi yang disajikan dalam bentuk sup dengan kuah sejenis kari yang gurih serta pedas.

3. Empek-empek Palembang
Merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Makanan khas ini umumnya terbuat dari ikan dan sagu. Namun makanan ini tidak hanya terdapat di daerah Palembang saja akan tetapi sudah banyak masyarakat Sumatera Selatan yang memproduksinya.

4. Gudeg Jogja
Nasi Gudeg, makanan khas D.I. Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Mantap!

5. Rujak Cingur
Rujak Cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Cingur sendiri berrati mulut. Makanan ini memang menyajikan mulut sapi. Biasanya dihidangkan dengan sayuran kemudian diberi bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Rsanya sedap!

Masih banyak lagi kuliner ciri khas daerah yang lainnya. Seperti dikatakan diawal bahwa kuliner termasih yang paling mudah pengolahannya dengan tidak memerlukan biaya yang tinggi, sehingga masuk dalam jenis usaha kecil menengah. Ayoo jangan takut untuk memperkenalkan ciri khas daerah Anda. Semoga Artikel singkat ini dapat menjadi Inspirasi Wirausaha Anda hari ini!!!

Salam Sukeses dan TETAP SEMANGAT!!!!


Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

Powered by Blogger.