Produk Original dan KW
Tabloidwirausaha.com InspirasiWirausaha Anda| Produk KW, mungkin kita sudah sering mendengar kata-kata barang KW atau bahkan mungkin kita juga termasuk salah satu pengguna barang KW. Sebelum melanjutkan pembahasan ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu KW supaya tidak salah faham. Dilihat dari berbagai sumber setidaknya ada dua pengertian KW yang pertama barang KW adalah (Barang tiruan aslinya, makin kecil angka dibelakang kw makin baik kualitasnya). Pengertian Kedua  (Sebenarnya kw adalah singkatan dari kwalitas jadi istilah kw sebenarnya tidak berarti barang palsu atau imitasi karena kw hanya bertujuan untuk membedakan kwalitas suatu barang saja sesuai dengan tingkat mutu atau bahan yang digunakan dalam suatu kegiatan produksi. jadi kata kw bisa digunakan baik terhadap barang asli maupun palsu. dan biasanya dalam suatu kegiatan produksi dikeluarkan tiga atau bahkan lebih tingkat kwalitas suatu barang; kw1 kw2 kw3. tentu saja tidak semua jenis barang atau per). 

Sepertinya sudah menjadi tren jika ada suatu barang atau produk yang memiliki kualitas bagus dan laku keras di pasaran maka tidak lama kemudian akan muncul produk produk yang sama dengan harga yang mungkin lebih murah dan tentunya dengan kwalitas di bawah produk Aslinya, atau masyarakat lebih mengenal dengan produk KW. Berbicara tentang produk KW tentu tidak akan pernah ada habisnya,  akan selalu ada dan sepertinya akan mustahil atau sangat sangat sulit untuk di hilangkan, karena hal ini juga diimbangi dengan adanya permintaan pasar.  Produk-produk KW tersebut muncul tidak lepas dari beberapa hal.


1. Minimnya pengetahuan atau kurang pedulinya masyarakat (Produsen-Konsumen) terhadap sebuah Hak Cipta / Hasil Karya.
Minimnya kesadaran akan sebuah penghargaan terhadap sebuah hasil karya orang lain yang membuat dengan mudahnya menduplikasi hasil karya orang lain tanpa hak, hanya karena melihat permintaan pasar yang bagus. Ketika melihat respon pasar yang bagus akan sebuah produk maka yang muncul ide dikepalanya adalah membuat produk yang sama persis dengan produk yang memiliki respon positif tersebut dengan harapan mendapat keuntungan dari produk KW nya tersebut. Jika ingin membuat produk yang sama maka usahakan buat sedikit modifikasi jangan sama persis atau kalau bisa membuat produk yang lebih bagus dari produk yang sudah ada di pasaran. Sebagai contoh Produk Air Mineral, walaupun begitu banyak produk air mineral yang di jualnya sama sama Air dengan rasanyapun sama Tawar, namun ada yang membedakan dari setiap produk Air Mineral yang beredar di pasaran tersebut yaitu terletak pada KEMASANYA.

Jika suatu saat Anda melihat peluang dan ingin membuat produk yang sama dengan produk yang telah lebih dahulu ada di pasaran, maka curahkanlah sedikit fikiran Anda untuk membuat produk yang sedikit berbeda dari produk yang telah ada sehingga Anda tidak terjatuh dalam istilah COPAS (Copy Paste).   

2. Mahalnya Produk Original.
Salah satu sebab lain dari adanya produk KW dikarenakan mahalnya produk yang Original. Sejatinya produk Original tersebut adalah produk yang yang cepat laku, namun dikarenakan harganya yang terlalu tinggi sehingga banyak konsumen yang sebetulnya ingin memiliki produk tersebut namun tidak dapat membelinya karena tingginya harga jual. Dari sinilah menjadi celah dan di jadikan sebuah peluang bagi sebagian orang untuk membuat produk KW dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar. 

3. Tingginya permintaan pasar.
Setiap pelaku usaha, tentunya akan selalu memasang mata dan telinganya setajam mungkin kalau perlu 24 jam non-stop agar tidak ketinggalan Informasi mengenai produk apa yang sedang booming di pasaran. Ketika melihat sebuah produk banyak di cari dipasaran atau tingginya permintaan pasar maka di dari situ biasanya sebagian orang akan memanfaatkan peluang tersebut untuk membuat KW nya, dengan harapan dapat ambil bagian dalam memenuhi besarnya permintaan pasar. 

4. Produk dibuat terbatas.
Bagi sebagain produsen ada yang membuat produk nya terbatas dengan berbagai pertimbangan tertentu, mungkin salah satunya ingin memberikan kebanggan kepada konsumen yang berhasil mendapatkan produknya tersebut. Konsumen pun biasanya akan merasa bangga ketika mendapatkan sebuah produk limited edition, karena tidak semua orang bisa memilikinya. Sisi positif bagi produsen jika produknya di buat terbatas, jika produk tersebut memiliki kualitas bagus maka akan banyak di nanti edisi edisi berikutnya oleh para konsumen setia nya. Sedangakan sisi negatifnya adalah dengan keterbatasan produk tesebut akan di manfaatkan sebagian orang kemudian dibuat produk KW nya kemudian di pasarkan dengan harga yang biasanya lebih rendah dari harga produk Aslinya.

5. Memiliki desain yang menarik.
Tidak bisa di pungkiri bahwa dari ke empat poin yang telah di sampaikan di atas ujung ujungnya bermuara pada satu poin yaitu desain. Desain sebuah produk mementukan diterima atau tidaknya produk tersebut di masyarakat. Desain sebuah produk sangat besar dalam memperngaruhi pasar, karena yang pertamakali dilihat dari sebuah produk adalah apa yang tampak paling luarnya. Sehingga banyak produsen berlomba-lomba mendesain sebuah produk sebagus mungkin agar dapat di terima di masyarakat. Jika produk Anda banyak di KW kan, berarti Anda seorang Desainer yang hebat, sehingga setiap produk yang Anda keluarkan menjadi pionir di pasaran, dan banyak di ikuti kompetitor.

Apakah Anda seorang pengusaha?
Jika produk Anda ada KW nya maka Anda patut bangga sekaligus juga bersedih, hehehehe….. Bangga bahwa ternyata produk Anda merupakan produk yang di akui oleh masyarakat sehingga produk Anda merupakan Produk yang banyak di cari masyarakat dan memiliki banyak peminat sampai mungkin Anda sendiri mungkin tidak mampu memenuhinya.  
Anda juga patut bersedih karena hasil karya Anda dengan susah payah, dengan begitu mudahnya di jiplak kemudian diperbanyak oleh orang orang yang tidak bertanggungjawab.
Seperti telah disebutkan di awal bahwa produk KW itu akan selalu ada sesuai dengan permintaan pasar. Lalu bagaimana sikap yang harus di ambil jika hal tersebut menimpa kepada produk Anda? Mungkin beberapa poin dibawah ini bisa Anda lakukan jika hal tersebut menimpa terhadap produk Anda.

1. Anda dapat melayangkan surat teguran keberatan kepada pihak-pihak yang telah dengan jelas menduplikasi produk Anda. Mudah mudahan dengan adanya teguran tersebut bisa di fahamai dan tidak melanjutkan duplikasinya.

2. Jika poin pertama tidak mendapat respon positif dan Anda tidak terima maka Anda bisa membawanya ke ranah hukum untuk memberi efek jera kepada personal ataupun korporat yang meng-KW kan produk Anda. Namun hal ini tidaklah mudah banyak syarat yang harus terpenuhi yang bisa dijadikan sebagai sebuah data dan fakta supaya tuntutan Anda bisa terkabulkan dan dimenangkan. 

3. Jika tidak mampu melakukan poin ke dua, Anda harus belajar berlapang dada dan mengikhlaskan hasil karya Anda di KW kan pihak lain, agar menjadi pahala jariah yang kelak bayarannya akan bisa di rasakan di yaumi Akhir. Perlu di fahamai bahwa barangsiapa yang melakukan perniagaan dengan Allah Ta’ala maka sungguh dia Akan untung yang besar. 

Untuk menghilangakan kekesalan di hati hendaknya Anda selalu khusnudzon kepada Allah bahwa Allah Ta’ala menginginkan Anda lebih banyak berbagi ilmu dalam bentuk hasil keratifitas Anda, karena salah satu yang menyelamatkan di Akhirat itu adalah Ilmu yang bermanfaat. Kemudain yang terakhir Allah menguji keimanan dan keyakinan Anda atas rejeki yang telah Allah Ta’ala atur untuk ummatnya, bahwasanya rejeki itu tidak akan tertukar, jika hal tersebut sudah menjadi rejeki kita maka Allah Ta’ala akan sampaikan kepada kita walaupun itu berada jauh jaraknya dari kita, begitu pula sebaliknya jika hal tersebut bukan menjadi rekeji kita makanan  yang sudah masuk ke mulutpun akan keluar lagi dengan caranya Allah. 

Demikian semoga yang sedikit ini bisa menjadi wawasan yang bermanfaat buat Anda semuanya pembaca setia tabloidwirausaha. Kamipun mohon saran dan masukannya dari pembaca semua melalui kolom komentar demi perbaikan kami dalam menyampaikan info-info terbaru seputar wirausaha. Bagi yang ingin request pembahasan seputar topik wirausaha silahakan tuliskan di kolom komentar.
Selamat berwirausaha dan TETAP SEMANGAT!!!!!



Image Source : https://www.youtube.com/watch?v=66KEItBRarg
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

Powered by Blogger.