TabloidWirausaha – Inspirasi Wirausaha Anda | Apa sih yang di maksud dengan Marketplace? Marketplace adalah sebuah platform  tempat berkumpulnya pembeli dan penjual yang menawarkan berbagai macam barang atau jasa ke customer walaupun tanpa bertemu fisik secara langsung. Platform marketplace bisa dalam bentuk bentuk website ataupun aplikasi. Semua kendali pengelolaan operasional marketplace dari A sampai Z sepenuhnya berada pada perusahaan penyedia layanan marketplace tersebut. Jadi kita sebagai user atau pemakai jasa marketplace hanya bisa memanfaatkan semua fitur dan layanan yang telah disediakan marketplace tersebut tanpa bisa menambah atau menghapus layanan marketplace tersebut.

Marketplace sebenarnya jika diterapkan dalam dunia real kurang lebih sama dengan pasar tradisional. Karena bersifat dunia digital dimana penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi tidak secara langsung bertatap muka, maka marketplace hadir sebagai penengah. Sebagai contoh ketika melakukan transaksi antara pembeli dan penjual, untuk menjaga keamanan pembeli maka ketika melakukan pembayaran si pembeli mentransfer sejumlah uang ke rek. Pengelola marketplace bukan langsung ke penjual hal ini bertujuan untuk melindungi si pembeli dari kecurangan si penjual, dan ketika sejumlah uang telah masuk ke rek. Pengelola marketplace maka pengelola menginformasikan kepada penjual yang bersangkutan bahwa sejumlah dana telah masuk untuk pemebelian barang dari toko si penjual. Si penjual harus segera mengirimkan barang yang dimaksud kepada si pembeli.

Untuk dapat mencairkan uang yang ada di rek. Pengelola maka si penjual harus bisa menunjukan resi bukti pengiriman. Dengan demikian maka kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli akan merasa aman ketika melakuakan transaksi jual beli. Ini baru salah satu contoh layanan dari sekian banyak layanan yang diberikan pengelola marketplace kepada penjual dan pembelinya.

Bagaimana caranya agar kita bisa sukses berjualan di marketplace? Berikut tips cara sukses berjualan di marketplace bagi pemula.

1. Memilih Marketplace yang sudah terkenal dan terpercaya

Untuk saat ini sepertinya tidaklah sulit menemukan marketplace yang sudah popular dan terpercaya. Kenapa harus memilih marketplace yang sudah popular dan terpercaya? Jawabanya sederhana saja..

Tentunya jika sudah terkenal dan terpercaya maka otomatis sudah banyak orang yang menggunakan platform marketplace tersebut. Semua orang tentunya lebih percaya dan nyaman melakuakan transaksi di marketplace yang sudah terkenal dan terpercaya tersebut.

Dengan demikian ketika kalian membuat toko online di marketplace yang sudah terpercaya dan terkenal maka akan semakin besar peluang toko kalian banyak dikunjungi pembeli ketika mereka mencari barang yang di inginkannya.

2. Menentukan Nama Toko Online Kalian

Seperti pada artikel sebelumnya tentang membuat website toko online, di platform marketplace pun wajib hukumnya menentukan atau membuat nama toko online kalian. Nama toko yang bagus adalah yang sesuai dengan apa yang kalian pasarkan. Sehingga ketika si pembeli search di mesin pencarian marketplace maka diharapkan toko kalian akan muncul di halaman pertama pencarian.

3. Membuat Toko Online di Marketplace

Ketika sudah menemukan Marketplace yang kalian rasa cocok dan pas untuk memasarkan produk kalian, selanjutnya kalian langsung action dengan membuat toko kalian di Marketplace tersebut. Ada banyak marketplace yang bisa kalian bangun toko online disana, namun sebagai langkah awal kalian fokuskan membangun satu toko online dulu di satu marketplace. Selanjutnya jika kalian dirasa sudah mampu dan menguasai jualan di satu marketplace tersebut maka tidak ada salahnya kalian membangun kembali toko online kalian di marketplace lainnya untuk meningkatkan penjualan kalian.

4. Jual dengan Harga Promo atau jual dengan harga wajar

Marketplace sama seperti pada umumnya pasar, banyak penjual yang menawarkan barang yang sama dengan harga yang sangat sangat bersaing jika tidak mau dibilang perang harga hehehe…. Jika kalian menawarkan sebuah produk sebaiknya menawarkan dengan harga yang wajar artinya tidak merusak harga pasaran, walaupun dirasa kalian masih memiliki margin besar jika di jual di bawah harga pasar.

Jika produk kalian bisa di jual dibawah harga pasar, saya sarankan kalian buka reseller dan harga murah tersebut kalian kasih ke reseller kalian. Selain untuk menjaga harga pasar, kalian juga masih bisa untung,reseller tidak mungkin hanya beli satu pcs, jika mengetahui produk dari kalian lebih murah pasti mereka akan membeli banyak untuk mereka jual kembali. Selain itu reseller kemungkinan repeat order kembali lebih cepat karena mereka dijual kembali, berbeda dengan yang membelinya end user kemungkinan repeat order lebih lama menunggu sampai barang tersebut usang.

Jika kalian masih menginginkan menjual dibawah harga pasar sebaiknya dijadikan sebagai harga promo atau flash sale. Promo atau Flash sale sifatnya sementara sebagai trigger untuk meningkatkan traffic. Memang tidak ada salahnya menjual dibawah harga pasar selama mendapatkan margin. Tetapi seperti di sebutkan sebelumnya akan lebih baik jika harga dibawah pasar tersebut kalian kasih ke reseller kalian. Keuntungannya releller akan belanja ke kalian dengn kuantity banyak tidak satuan sehingga keuntunganpun akan lebih besar karena berdasarkan kuantity.

4. Berikan Pelayanan yang Ramah Kepada Konsumen

Kualitas produk memang sangat penting namun pelayanan yang maksimal juga sama pentingnya untuk meningkatkan kepercayaan customer terhadap toko kalian. Berusahalah untuk selalu merespon setiap pertanyaan dan keluhan customer dengan senang hati. Respon yang baik serta pelayanan yang ramah akan meninggalkan kesan positif di mata customer dan membuat konsumen merasa nyaman berbelanja di toko online kalian.

5. Deskripsi Produk dengan Jelas

Kenapa harus membuat deskiripsi porduk yang jelas? Jawabanya adalah pertama agar lebih mudah difahami customer terutama mengenai manfaat produk yang ditawarkan, kedua supaya customer tidak banyak bertanya yang seharusnya tidak perlu ditanyakan karena seharusnya sudah ada penjelasan di deskripsi produk.

Kalian bisa meminta foto produk, video konten, deskripsi dan semua yang berkaitan dengan produk tersebut kepada pemilik merchant yang kalian ikuti. Namun jika pemilik merchant minim memberikan informasi maka kalian harus sedikit kreatif, kalian misa mengamati produk sejenis yang dipasarkan competitor kalian, kemudian kalian Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM). Buat deskripsi produk lebih baik dari competitor kalian. 

6. Produk Berkualitas

Ada harga ada kualitas, namun pada kenyataanya banyak beredar dipasaran produk kualitas rendah dijual dengan harga mahal. Tetapi produk yang berkualitas sudah pasti harganya akan mahal. Hal tersebut kembali kepada mental masing masing penjual. Menjual produk kualitas biasa dengan harga mahal dengan margin besar namun customer akan kecewa dan meninggalkan testimoni buruk di toko online kalian dan efeknya kemungkinan toko kalian akan menjadi sepi ketika customer melihat review jelek dari orang orang yang pernah membeli dari toko kalian. Atau menjual disesuaikan dengan kualitas produknya dan lebih baik lagi jika kalian mampu menjual produk dengan kualitas tinggi walaupun lebih mahal.   

Diawal customer mungkin akan akan pikir-pikir dulu untuk membeli produk yang mahal. Disini kalian harus dapat menjelaskan kepada customer apa benefit yang di dapat dari membeli produk kalian yang berkualitas tinggi walaupun harganya cukup mahal. Misalnya jika produk berkualitas itu punya nilai ekonomis yang tinggi, endurance, sehingga memiliki life time yang lama sehingga cukup membeli satu kali bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

8. Menambahkan Video, Foto Produk yang Real

Seperti disebutkan dalam artikel sebelumnya bahwa foto merupakan iklan satu detik yang customer bisa membuat keputusan untuk lanjut atau skip. Kenapa demikian? Berjualan di marketplace, customer tidak melihat barang yang diingikannya secara langsung. Namun begitu mereka masih melihat visualisasi produk yang mereka inginkan melalui foto produk yang tersajikan diberanda. Untuk itu penting sekali peranan foto dalam memvisualisasi customer agar dapat melihat dan membayangkan produk yang diinginkan. Untuk itu buatlah foto dengan kualitas bagus paling tidak mendekati real dan dengan pengambilan angel foto yang tepat supaya setiap sisi dari produk tersebut tersampaikan dengan jelas. Kenapa dikatakan palingtidak mendekati real? Karena biasanya di marketplace foto yang di upload dibatasi ukuran dan kualitas pixel nya sehingga kualitas foto akan menurun.

Untuk melengkapi kekurangan dari kualitas foto dan bagian bagian dari produk yang belum tersampaikan lewat foto maka buatlah video durasi pendek sesuai kapasitas yang diberikan marketplace dengan tidak lupa menerangkan dari produk tersebut.  Terakhir lengkapilah dengan deskripsi dari produk tersebut, tuliskan semua apa saja yang ada dalam produk tersebut misalnya berat, komposisi, expired, dan sebagainya.

9. Memberikan kecepatan dan kemudahan layanan

Posisikan kita sebagai pembeli, bagaianam rasanya jika kalian melakuakan melakukan pembelian di sebuah toko namuan pelayanannya lambat, kemudian system transaksinya ribet dan tidak fleksibel, tentunya hal tersebut mengecewakan dan mungkin cukup sekali beli saja.  Kecepatan dan kemudahan layanan yang dimaksud disini mencakup tentang kemudahan transaksi pembayaran, pengembalian, serta pengiriman produk. Jika ingin toko online di marketplace tetap diminati konsumen fasilitasi mereka dengan segala kemudahan. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Selain itu bangun komunikasi yang baik dengan para konsumen. Tidak hanya soal memberikan tanggapan dengan bahasa sopan. Namun juga kecepatan dalam merespon setiap pertanyaan sehingga mereka merasa tidak diabaikan.

10. Perbanyak Produk yang Dijual

Semakin bervariasi produk yang dijual akan semakin banyak pilihan bagi customer untuk membeli, kalian dapat menawarkan produk sejenis jika produk yang customer cari sedang tidak tersedia di toko kalian. Selain itu semakin banyak produk di toko kalian maka akan semakin menarik dan membuat customer senang, karena customer akan memiliki banyak pilihan produk yang mereka ingin cari.

Usahakan variasi produk yang ada ditoko kalian masih saling berkaitan atau berkesesuaian dengan produk utama atau produk wining kalian.

11. Promosi

Untuk meningkatkan penjualan tentunya kalian harus melakukan yang Namanya promosi. Promosi itu sendiri ada dua jenis yaitu peromosi berbayar dan ada yang free alias gratis. Promosi berbayar kalian dapat menggunakan promosi berbayar dimarketplace tempat jualan kalian, atau google Ads, FB Ads, Tiktok Ads dan yang sejenisnya.  Sedangkan untuk promosi gratis kalian bisa menggunakan fitur naikin produk di toko kalian, lewat sosial media pribadi seperi FB, IG, Twitter, Tiktok, Whatsapp dan yang lainnya.

Jika kalian belum memiliki budget cukup untuk melakukan promosi berbayar maka kalian bisa mengawalinya dengan promosi gratis dulu, selama itu tertarget maka hasilnya tidak kalah dengan promosi berbayar.

12. Melakukan Pembukuan yang Benar

Banyak usaha yang gulung tikar hanya karena masalah sepele yaitu pembukuan. Pembukuan merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha online kalian. Mencatat semua yang terjadi dalam usaha kalian itu akan memudahkan kalian dalam mengambil keputusan selanjutnya. Mungkin ada yang bertanya tanya, saya jualan udah lama, barang banyak laku tapi kok ngga ngumpul ngumpul uangnya kemana ya? Boleh jadi itu salah satu masalah dalam pembukuan kalian.

13. Lakukan evaluasi

Evaluasi bisnis terutama dalam jualan online juga sangat penting untuk dilakukan. Dengan mealkukan evaluasi kalian dapat mengetahui hal yang kurang dan sudah tepat kamu lakukan. Kalian juga dapat menerapkan strategi baru jika hasil dari evaluasi dari toko kalian tersebut kurang memuaskan.

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

Powered by Blogger.