Tabloid Wirausaha – Inspirasi Wirausaha Anda | apakah layak dropshipper memiliki website took online sendiri? Dropship kan tidak memiliki barang/produk sendiri!!! Mau kalian dropship atau jualan produk sendiri, yang Namanya mengoptimalkan penjualan itu semua wajib dicoba selama itu tidak melanggar aturan. Didunia online, customer tidak akan tau kalian itu dropship atau bukan, customer taunya Cuma 4 hal:

1. Barang Ready Stock
2. Fast Respon
3. Ramah dalam pelayanan
4. Pengiriman Cepat

Jika empat kriteria diatas terpenuhi maka customer udah happy, tidak peduli tentang kalian apakah dropship atau bukan. Bahkan harga barang sedikit mahal dari kompetitorpun bisa di abaikan kalian memenuhi empat syarat utama tadi.

Kembali ke memiliki website toko online sendiri, untuk mengoptimalkan penjualan maka memiliki website toko online sendiri itu sebuah ke harusan. Ada banyak keuntungan ketika kalian memiliki toko online sendiri.

Keuntungan memiliki website sendiri untuk jualan

1. Kalian memiliki kendali penuh

Dengan memiliki Website Toko Online sendiri berarti kalian memuiliki kendali penuh atas toko kalian sendiri. Berbeda dengan toko kalian di marketplace, dimana pengelola marketplace memiliki peraturan yang bersifat mengikat, sehingga mau tidak mau, suka atau tidak suka kalian harus mengikuti aturan dari yang punya tempat, jika melanggar maka siap siap di baned, atau bahkan di black list permanen, sehingga kalian tidak bisa berjualan lagi.

Dengan memiliki website toko online sendiri kalian lebih bebas dalam menyampaikan infrmasi bisnis kalian, sehingga penyampaian informasi dan promosi bisnis akan lebih power full. Berbeda jika kalian bejualan di market place kalian akan dibatasi oleh jumlah karakter jika informasi berupa tulisan, dan terbatasi besarnya space video jika informasinya berupa video konten.

2. Lebih professional dan meningkatkan Trusted

Memiliki website toko online sendiri akan meningkatkan kesan professional pemiliknya. Customer akan merasakan keseriusan dari pemilik toko dalam mengelola bisnisnya. Selain itu dengan memiliki website toko online sendiri akan meningkatkan kepercayaan customer kepada kita dan memberikan peluang besar customer untuk melanjutkan ke tahap action atau pembelian.

3. Keamanan yang terjamin

Salah satu keuntungan memiliki website toko online sendiri adalah terjaminnya keamanan baik dari sisi pemilik toko ataupun Customer terutama dari segi keberadaan sebuah toko online. Kita tidak tahu sampai kapan keberadaan sebuah market place bisa bertahan. Jika sebuah market place tiba tiba tutup maka tentu itu akan sangat merugikan baik dari sisi si pelapak ataupun dari si customer itu sendiri.

Ketika kalian sudah susah payah branding toko online, penjualan sudah meingkat, kepercayaan customer sudah mulai terbentuk, saldo di market place belum sempat ditarik, tiba tiba MP menyatakan tutup, tentu ini akan sangat merugikan.

Ketika kalian memiliki website toko online sendiri maka keberlangsungan toko bisa kalian jaga, keamanan transaksi dan database pelanggan juga akan lebih terjamin.

4. Lebih Eksklusif dengan website nama domain sendiri

Keuntungan memiliki website toko online sendiri adalah memiliki kesan eksklusif karena nama toko bisa disematkan menjadi nama domain website toko online, bukan sebagai subdomain ataupun nama tambahan. Berbeda ketika kalian membuat toko online di market place, nama toko kalian baru akan di sematkan setelah nama market palce baru nama toko kalian, jadi lebih Panjang. Disamping memiliki kesan eksklusif juga lebih menarik, simple dan mudah diingat.

5. Mengelola produk dengan efektif dan efisien

Dalam sebuah website toko online tentu banyak tools untuk berjualan, dengan begitu kalian dapat mengoptimalkan tools tersebut untuk memaksimalkan penjualan kalian. Perlu kalian ketahui bahwa website toko online lebih mudah ter-indeks di mesin pencari ketimbang kamu berjualan di market place. Dengan demikian target market kalian akan lebih terarah.

6. Menarik Konsumen Baru dan Menjaring lebih banyak Customer

Kelebihan dari sebuah website itu mudah ter Indeks di Search Engine. Ketika seorang calon customer mengetikan keyword yang sesuai dengan website toko online kalian maka, website toko online kalian akan muncul di halaman pertama pencarian. Dengan demikian toko online kalian akan dibanjiri customer baru.

7. Mudah terindeks mesin pencari

Dengan mengoptimalkan Keyword yang tertarget dan mendaftarkan ke mesin pencari, sebuah website akan lebih mudah ter indeks di mesin pencari. Dengan memperhatikan SEO, sebuah konten atau artikel yang kalian post di halaman website toko online kalian maka mesin pencari akan meng-indeks setiap keyword yang relevan dari website toko online kalian.

8. Tidak ada perang harga

Yang berjualan diwebsite toko online kalian adalah kalian sendiri, otomatis tidak ada pesaing, untuk itu perbaguslah website toko online kalian, mulai dari  tampilan (landing page), Konten artikel, dan setiap deskirpsi yang ada di website toko online kalian.
Buatlah customer yang datang berkunjung ketoko online kalian tersebut bisa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh toko online kalian tersebut.

9. E-Mail Marketing mempersonalisasi konsumen

Ini salah satu kelebihan dari memiliki website toko online sendiri, kalian dapat menjaring konsumen melalui email marketing. Bagaimana caranya mendapatkan email customer? Caranya sederhana saja, pada halaman website kalian harus dibuat sebuah halaman email marketing yang menawarkan berlangganan, atau informasi produk baru dan sejenisnya.
Dari sana maka customer akan sukarela memberikan alamat email mereka kepada kalian.

Alamiat email yang di dapatkan tesebut kalian dapat memanfaatkan sebagai alat promosi jika ada produk baru, atau say hello menyapa customer dengan menyebut Namanya untuk mempersonalisasi mereka. Dengan menyebut Namanya menandakan bahwa kalian memperhatikan mereka, mengetahui mereka dan dari sana diharapkan akan muncul customer loyal.

10. Memiliki database pengunjung

Dari point no. 9 diatas kita dapat menjaring konsumen dan mengumpulkannya dalam sebuah data base customer. Database customer ini dapat kalian manfaatkan untuk mempromosikan produk produk terbaru kalian, event event tertenu atau menyapa untuk mempersonalisasi customer.

Hal yang perlu di persiapkan ketika ingin membuat website sendiri untuk jualan

-        Persiapkan nama toko online kalian.
Sebisa mungkin sesuaikan nama toko dengan produk yang kalian jual, nama toko sebisa mungkin juga menjadi nama domain website kalian Contoh: Toko yang menjual khusus perlengkapan bayi, Nama Toko nya My baby, nama domain website nya mybaby(dot)com.
Tips : Buatlah penamaan website sepenedek mungkin dan mudah diingat.

-        Menyewa Hosting dan Membeli Domain.
Untuk yang satu ini kalian bisa searching di mbah google untuk mengetahui biaya sewa dan beli hosting domain. Banyak ISP yang menyediakan jasa sewa dan beli hosting domain yang kompetitif.

-        Menyiapkan Konten
Di artikel sebelumnya mimin pernah menyinggung tentang fokus pada konten. Nah sekarang saatnya konten yang telah kalian buat di masukan ke website toko online kalian. Tujuan dari pembuatan konten adalah untuk menarik traffic sebanyak mungkin ke website toko online kalian. Konten yang baik adalah konten yang SEO friendly, match dengan apa yang kalian jual, Judul dan isi konten harus berkesesuaian, tidak boleh spam apalagi spam kata kunci.

Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula

Jika kalian belum pernah sama sekali membuat website, tidak faham Bahasa pemrograman, buta sama sekali tentang website. Jika masalah kalian seperti itu, untuk saat ini sudah bukan masalah lagi, kalian bisa memiliki website toko online tanpa kalian harus mengerti Bahasa pemrograman website. Sekarang sudah banyak website komersial berbasis CMS. Dan kabar baiknya lagi sekarang telah banyak ISP penyedia jasa layanan hosting domain menyediakan template template website komersial yang dapat kalian modifikasi sendiri sesuai dengan keinginan kalian.

Kalian bisa memperbagus tampilan website kalian tanpa harus mengetahui Bahasa pemrogramannya. Kalian tinggal siapan nama toko onlinenya yang bagus, konten yang keren, foto foto yang ciamik untuk di upload itu saja sudah cukup.  Dan kabar baiknya tentu harganya sangat kompetitif tidak menyebabkan kantong bolong.

Tetap Semangat dan ACTION NOW

Post a Comment

Powered by Blogger.