TabloidWirausaha – Inspirasi Wira Usaha Anda | Dengan kemajuan teknologi sekarang ini hampir dipastikan tidak ada Batasan ini menjadi sebuah peluang usaha yang dapat menambah pundi pundi cuan. Salah satu yang saat ini sedang booming dan banyak di minati adalah peluang usaha Dropship. Kenapa Dropship ini banyak di minati? Terutama para Ibu rumah tangga yang ingin membantu perekonomian keluarga. Walaupun Dropship ini terkesan bisnis recehan namun jangan salah, diluaran sana banyak yang telah menghasilkan omset, jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta setiap bulannya.

Dropship merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dikerjakan sambil rebahan bukan tanpa alasan, karena fleksibelnya pekerjaan ini sehingga dapat di kerjakan sambil rebahan, selonjoran atau tiduran. Penasaran Apa itu Dropship??

Dikutip dari laman Shopify, dropship adalah metode atau cara dalam pemenuhan pesanan di mana toko tidak menyimpan Stok produk yang dijualnya. Sebaliknya, toko membeli produk dari pemasok lain dalam hal ini pihak ketiga yang kemudian mengirimkan barang langsung ke pembeli. Biasanya toko pihak ketiga akan membolehkan mencantumkan nama toko kita sebagai penyedia atau pemasok barang yang dikirim ke konsumen tersebut.

Dengan kata lain, dropship adalah sistem penjualan yang mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan atau menjual barang milik pihak ketiga yang sebelumnya telah dimintai izin untuk di pasarkan tanpa perlu menyetok barang barang yang di pasarkan tersebut. Itulah kenapa usaha Dropship ini banyak di minati terutama bagi yang belum memiliki cukup modal namun ingin berjualan.  

KENTUNGAN BISNIS DROPSHIP 

Salah satu keuntungan dari bisnis usaha Dripship bagi para Dropshipper telah di paparkan diatas yaitu dapat memasarkan barang atau produk tanpa harus memiliki stok. Selain itu masih banyak lagi keuntungan keuntungan lainnya yang didapat dari bisnis Dropship ini antara lain:  

1. Modal Mini Profit Maxi

Kenapa Bisnis Dropship ini tidak memerlukan modal besar alias minim Modal karena bisnis ini tidak memberikan syarat pembelian produk di awal sebagai stok tetapi kalian bebas memasarkan sebanyak banyaknya produk dari pihak ketiga/merchant dan dengan me-mark up margin sesuka kalian, sehingga bisa mengoptimalkan Profit yang kalian dapat. Ketika ada orderan dari produk yang kalian pasarkan, barulah kalian order ke pihak merchant orderan konsumen kalian tersebut dan orderan itulah yang kalian bayar.

 

Tips : Jangan takut untuk memasarkan sebanyak mungkin produk Merchant supaya  peluang closing produk yang kalian pasarkan itu lebih banyak dan lebih bervariatif. Merchant juga akan senang kalau produknya banyak yang Closing.

 

2. Pekerjaan Fleksibel terhadap waktu dan tempat

Sepereti di katakana diawal bahwa bisnis Dropshipper ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, bisa sambil rebahan, selonjoran atau sambil jongkok termenung selama kalian bisa FOKUS. Hati hati jangan terjebak dengan FLEKSIBEL dari bisnis ini, karena banyak Dropshipper yang gagal karena menyepelekan atau menganggap mudah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga menggarapnya sesempatnya waktu sehingga lupa dengan FOKUS nya. 

Tips : Walaupun Fleksibel usahakan miliki waktu waktu tertentu untuk lebih fokus mengurus Bisnis ini. Ingat Bisnis yang akan maju adalah bisnis yang Raga dan Ruh si pelakunya ada di Bisnis tersebut, karena hakikatnya usaha tidak akan mengkhianati hasil.

 

3. Minim Resiko

Kenapa dikatakan minim resiko? salah satunya telah di jelaskan sebelumnya, bisnis Dropshipper tidak perlu memiliki stok sehingga tidak kawatir akan Dead Stock akibat tidak laku terjual atau karena perubahan trend. 

Selain itu kalian juga tidak menanggung resiko reture barang apabila terjadi kesalahan pengiriman dari pihak merchant atau barang yang di kirim ada cacatnya dan customer ingin minta ganti.  


Tips: Untuk menjaga kepercayaan kalian kepada pihak merchant dan kalian kepada Customer sebaiknya ketika ada orderan dipastikan barang yang di order itu sudah sesuai, sehingga tidak terjadi kesalahan.

 

4. Sistem bisnis Dropship lebih sederhana

Dikatakan sederhana karena Bisnis Dropshipper ini tidak harus memikirkan banyak hal, seperti Stock, Inventory, Packaging, Anter Paket, gaji karyawan, buat foto produk, bikin konten untuk dropshipper, reseller agen dan lain sebagainya.

Yang perlu di fikirkan Dropshipper hanyalah bagaimana memasarkan produk merchan dan closing kemudian meneruskan orderan tersebut ke pemilik merchant dengan memberikan data dari customer yang order tesebut kemudian bayar. So.. Hanya dengan senam jari semua itu bisa di selesaikan.

 

5. Dapat Menjual Berbagai macam produk

Ini kelebihan Dropshipper yaitu bisa menjual multi produk lebih dari satu pemilik merchant, artinya barang yang di pasarkan jadi lebih banyak dan lebih ber variative. 

Tips : Jika kalian memasarkan poduk merchant di marketplace dan ingin main lebih dari satu pemilik merchant maka usahakan pemilik merchant harus satu area, untuk menjaga customer saat order lebih dari satu produk dan kebetulan produk tersebut ada di merchant A dan produk laninnya ada di merchant B, Jika berbeda area maka akan berpengaruk terhadap Ongkir.

Post a Comment

Powered by Blogger.